Jarang Diketahui, Ini Kesalahan Bikin Pasta Jadi Tidak Enak

Pasta.
Sumber :
  • Pixabay/TheAndrasBarta

VIVA – Pasta menjadi salah satu makanan asal Italia yang cukup populer di lidah masyarakat Indonesia. Bukan hanya membelinya di restoran, pasta pun dapat disajikan di rumah.

Mie Ongklok Instan Mas Desta asal Wonosobo Sedot Omzet Ratusan Juta per Bulan

Dalam proses pembuatannya, menggunakan bahan-bahan segar baik dari penggunaan sausnya, basil segar. Kualitas yang segar dari komponen produk tersebut merupakan bagian penting untuk membuat rasa pasta itu seperti berasal dari sebuah restoran.

Namun, ada salah satu langkah dalam proses pembuatan pasta yang sering diabaikan, dan itu mengubah rasa makanan secara keseluruhan yakni pemilihan penggunaan pasta.

5 Mi dan Pasta Sehat yang Wajib Dikonsumsi Menurut Ahli Diet

Sebagai bahan utama makanan, proses produksi pasta diketahui memiliki peran besar dalam menyatukan rasa. Maka dari itu, pentingnya memilih pasta yang berkualitas. 

Menurut seorang chef masakan Italia, di New York City pun tidak merekomendasikan pasta murah. Hal ini lantaran teksturnya yang kurang baik.

Sensasi Menikmati Oyster Berpadu Nasi dan Pasta, Gimana Rasanya?

"Pasta yang lebih mahal dibuat dengan tepung berkualitas tinggi dan sering diekstrusi melalui potongan kuningan dan perunggu, yang membuat tekstur kasar," kata Lou Tomczak, chef di Beebe's, kepada The Independent.

Meskipun tekstur kasar tidak selalu terdengar bagus, namun ternyata tekstur kasar pada pasta itu berpengaruh pada saat proses pencampuran saus. "Tekstur kasar lebih baik untuk meresapi saus," kata Tomczak.

Alat-alat kuningan dan perunggu yang digunakan untuk mengubah bentuk pasta adalah alasannya -karena ini adalah metode yang sama yang digunakan untuk membuat pasta di Italia, menurut Epicurious.

Dengan pasta yang diproduksi secara massal, pasta diekstrusi melalui mesin yang dibuat untuk melakukan pekerjaan dengan cepat, sehingga penne dan rigatoni memiliki tekstur yang mulus merata.

Meskipun pasta komersial mungkin lebih murah di toko kelontong, teksturnya pada akhirnya merusak rasa. Untuk membuat hidangan pasta Italia yang sempurna, menggunakan pasta berkualitas lebih tinggi akan memastikan bahwa saus dan rasa pastanya akan menyatu sempurna.

"Jika itu dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan cinta, biasanya rasanya cukup mengagumkan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya