Ini Aturan Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak

Ilustrasi minyak zaitun
Sumber :
  • Pixabay/Pezibear

VIVA – Bukan hanya melakukan olahraga yang rutin untuk memiliki tubuh yang sehat. Mengatur pola makan pun juga penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan, untuk hidup sehat, cara memasak juga harus diperhatikan.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Saat memasak, penting pula untuk memilih minyak yang sehat. Dan kini, masyarakat mulai mengalihkan menggunakan minyak sehat seperti zaitun.

Hal ini lantaran minyak zaitun terkenal menyehatkan, karena mengandung asam lemak tak jenuh, vitamin, mineral dan fenol. Dapat digunakan sebagai bahan untuk memasak dan juga perawatan kulit dan rambut. Untuk menggunakannya, masyakarat pun harus mengetahui beberapa hal tentang penggunaan dan cara penyimpanan minyak zaitun yang tepat.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Celebrity Chef, Rinrin Marinka yang ditemui awak media di Mars Kitchen Jakarta Selatan, Selasa 4 September 2018 menyebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan minyak zaitun.

Pertama, mengenai ideal pemakaian minyak zaitun untuk memasak. Sama halnya dengan minyak goreng lainnya, minyak zaitun juga memiliki batasan saat digunakan. Marinka menyebut, idealnya menggunakan minyak ini tidak boleh lebih dari 4 kali.

5 Cara Usir Setan dari Rumah Menurut Ajaran Islam

"Dua sampai tiga kali, jangan lebih dari itu," kata dia.

Kedua, soal penyimpanan. Untuk menyimpannya, dia menyebut bisa menaruh minyak zaitun di suhu ruangan. Ketika dibuka untuk pertama kalinya, minyak zaitun memiliki batas pemakaian hingga tiga bulan ke depan.

"Kalau setelah dibuka bisa digunakan hingga tiga bulan ke depan. Untuk tahu minyak ini masih baik atau tidak, bisa dicium dari aromanya, kalau bau bisa dihindari penggunaannya untuk memasak," jelas dia.

Selain dari bau, perubahan warna pun juga bisa menandakan bahwa minyak tersebut masih layak digunakan atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya