3 Kuliner Indonesia Ini Beda, Pokoknya Unik Banget

Bakmi taro.
Sumber :
  • Instagram @cliffnoodl

VIVA – Memang ada pakem atau aturan-aturan tertentu yang tertulis saat kita bicara soal makanan tradisional suatu daerah. Namun, dunia kuliner saat ini sudah begitu berbeda dengan zaman dahulu.

Jonas Brothers Bakal Konser di Indonesia, Promotor Siapkan Nasi Goreng dan Gado-gado

Kini semua orang bebas berkreasi dalam memasak dan membuat makanan sesuai dengan selera, imajinasi dan bahkan segala hal yang menginspirasi mereka. Memang tidak semua bisa diterima masyarakat luas, namun tak sedikit pula yang justru menjadi booming dan ngehits.

Nah, berikut ini adalah tiga kuliner Indonesia yang punya twist unik dan berbeda, yang wajib Anda cicipi.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

1. Gado-gado

Gado-gado seringkali menjadi menu makan siang pilihan para karyawan. Penyajian yang cepat, rasanya yang enak dan porsinya yang banyak, terdiri dari sayuran seperti kangkung, bayam, jagung, kentang, tahu, tempe, kacang panjang, hingga kubis yang disiram dengan saus kacang dengan tambahan lontong atau nasi.

Sukses Menghibur Penonton, Ketoprak Tari Retno Dumilah Tuai Apresiasi dan Inspirasi

Namun, salah satu gado-gado di Sawah Besar, Jakarta Pusat terbilang lain daripada yang lain. Sang penjual memilih menambahkan nangka muda di dalamnya. Bagaimana rasanya? Pasti cukup unik. Untuk seporsi gado-gado ini dihargai Rp15 ribu.

2. Ketoprak

Terdiri dari ketupat yang dipadukan dengan bihun, tauge dan tahu goreng, lalug disiram dengan saus kacang, ketoprak juga menjadi salah satu kuliner tradisional Indonesia yang banyak digemari.

Namun, sebuah ketoprak Yogyakarta, yakni ketoprak Pak No Kumis menyuguhkan ketoprak dengan bakso goreng. Isiannya memang terbilang cukup unik, yakni tahu goreng, kol, tauge, bihun dan ketupat serta tambahan potongan bakso goreng, bakso basah atau bakwan goreng.

Seporsi ketoprak bakso ini dibanderol sebesar Rp10 ribu. Rasanya tentu semakin lezat dan kriuk-kriuk ya?

3. Bakmi

Bakmi menjadi salah satu comfort food orang Asia, termasuk Indonesia. Uniknya, salah satu restoran bakmi di kawasan Jakarta Utara menawarkan bakmi yang terbuat dari taro atau ketela ungu. Bakmi ini pun diklaim bisa mencegah kanker, darah tinggi hingga membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Bakmi berwarna ungu ini pun ditambahkan dengan berbagai topping, seperti tauge, sayur dan daging. Seporsi bakmi taro ini dibanderol seharga Rp32 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya