Tips Menggoreng Ayam Agar Matang Merata

Ayam Gepuk Pak Gembus.
Sumber :
  • Instagram @ceritamakan

VIVA – Terlihat sederhana, namun cara menggoreng ayam yang salah seringkali membuat daging tak masak dengan sempurna, atau mungkin hanya matang di area luar saja.

Gak Bisa Masak, Zaskia Adya Mecca Bingung Disuruh Suami Bikin Ayam Goreng

Jika dilihat sepintas, metode membuat goresan daging ayam konon katanya membantu membuat daging matang hingga bagian terdalam.

Benarkah seperti itu, atau ada metode lainnya yang lebih ampuh membuat daging, terutama bagian paha yang biasanya sulit matang karena ada lekukan antara paha atas dan bawah, bisa matang sempurna?

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Meski tak menyandang status sebagai chef, kesukaannya pada makanan membuat pendiri sekaligus CEO Ayam Gepuk Pak Gembus memiliki trik agar menggoreng ayam bisa matang hingga bagian terdalam, terutama bagian lekukan antara paha atas dan bawah.

"Paha meskipun lebih kecil, lama gorengnya karena ada sikunya. Itu yang bikin paha jarang matang," kata Rido saat ditemui di Hotel Mega Anggrek, Jakarta Barat, Senin, 17 September 2018.

Ramadhan Makin Istimewa! Menu Kesukaan Cipung Hadir di Hotel Mewah Jakarta

"Jadi sebelum digoreng, gepuk dulu biar rata (matang) nanti," jelasnya dengan logat Jawa.

Menurut pemilik 700 waralaba ayam gepuk ini, menggoreng dada ayam juga lebih mudah dibanding sayap, lantaran dada memiliki banyak sela yang memungkinkan daging matang  merata hingga bagian dalam.

Rido kemudian memberikan tips agar ayam bisa renyah saat digoreng. Bukan hanya masalah waktu, banyaknya minyak saat menggoreng juga mempengaruhi tingkat kenikmatan ayam.

"Intinya kalau ayam harus terendam dengan sempurna. Kalau enggak tenggelam, susah bolak balik. Krenyesnya juga enggak sempurna,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya