Tips Mematangkan Alpukat dengan Cepat

Alpukat sehat untuk tubuh.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Alpukat menjadi salah satu buah favorit masyarakat dunia. Hal ini lantaran buah ini kaya akan serat dan kandungan vitamin C, E dan K yang mampu mempromosikan kesehatan tulang dan meregulasi tekanan darah.

5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Rebusan Daun Alpukat, Apa Saja?

Bukan hanya itu saja, sebuah studi mengemukakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi alpukat memiliki triglyceride yang lebih rendah. Buah berwarna hijau ini pun diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Mengonsumsi alpukat pun terasa enak saat buah sudah benar-benar matang dengan daging buah yang lembut atau empuk. Namun terkadang ketika kita sudah membeli alpukat, ternyata buah tersebut belumlah matang secara sempurna.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Membantu Lebih Cerah dan Lembap

Tapi tidak perlu khawatir sebab, ada beberapa cara untuk mematangkan buah alpukat dalam waktu singkat seperti yang dilansir dari laman Dailymail berikut ini.

1. Bungkus dengan cling film (bungkus plastik)

6 Rahasia Alpukat: Buah Hijau Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Belah alpukat menjadi dua bagian kemudian rekatkan kembali dengan cling film. Kemudian masukkan ke dalam lemari es. Anda pun bisa sesekali memonitor kematangan alpukat selama di simpan di dalam kulkas.

2. Menggunakan alumuniun foil

Bungkus alpukat mentah Anda menggunakan alumunium foil, kemudian  masukkan ke oven dan panggang dengan suhu 90 derajat Celsius selama 10 menit dan kemudian masukkan ke dalam kulkas agar dingin.

Cara ini dinilai ampuh lantaran, alpukat akan melepaskan gas ethylene lebih cepat di dalam oven dan karena mereka dikelilingi oleh gasnya sendiri, alpukat pun dipaksa untuk matang dengan cepat.

3. Gunakan air jeruk nipis dan cuka sari apel

Potong alpukat menjadi dua bagian, lalu masukkan beberapa bagian  ke dalam mangkuk. Taburkan satu sendok teh cuka sari apel dan peras setengah jeruk nipis di atas campuran. Ambil garpu dan tumbuk menjadi konsistensi guacamole.

4. Gunakan kantong kertas dan tepung

Masukkan alpukat ke dalam kantong kertas coklat dan tambahkan sekitar dua inci di bagian bawah kantong. Teknik ini pun akan matang dalam waktu dua hari.

Untuk mempercepat proses, tambahkan tomat, apel atau pisang ke kantong karena ini menghasilkan lebih banyak gas ethylene dan mempercepat proses kematangan.

5. Microwave

Masukkan alpukat Anda ke dalam microwave untuk mematangkannya hanya dalam beberapa menit. Tusuk alpukat beberapa kali dengan garpu, dan masak selama 30 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya