Nasi Dipanaskan Lebih dari 12 Jam Bikin Keracunan? Hoax!

Ilustrasi nasi putih.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Sempat beredar kabar bahwa proses memanaskan nasi di dalam rice cooker yang terlalu lama hingga lebih dari 12 jam lamanya, bisa memicu keracunan pangan. Hal ini tentu memicu kerisauan masyarakat, khususnya ibu rumah tangga yang seringkali membiarkan nasi dipanaskan dalam waktu lama.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Lantas, bagaimana tanggapan pakar pangan terkait kabar yang beredar ini?

"Nasi yang dipanaskan lebih dari 12 jam bisa sebabkan keracunan, itu hoax. Datanya memang belum terkumpulkan, namun teorinya tidak demikian," ujar Pakar IPB, Prof Dr Ir Harsi Dewantari, di Kementerian Kesehatan RI, Rabu, 26 September 2018.

Mitos atau Fakta: Makan Nasi Saat Sahur Bikin Ngantuk Seharian?

Prof Harsi menegaskan, bahwa makanan rumah yang lebih berisiko menyebabkan keracunan, yaitu jika penyimpanannya dalam suhu ruangan dan lebih dari waktu 2-4 jam. Sebab, bakteri di makanan akan sangat mudah berkembang biak di suhu ruangan.

"Simpan makanan yang berisiko di suhu rendah, di bawah 5 derajat (Celsius) atau suhu di atas 60 derajat (Celsius). Dengan begitu, bakteri tidak mudah berkembang," kata dia.

Fakta Mengejutkan! Terlalu Banyak Konsumsi Nasi Putih Saat Sahur Picu Lapar Siang Hari

Ada pun di dalam tempat memanaskan nasi, suhu panas tersebut bisa mencegah proses berkembangbiaknya bakteri perusak makanan.

Selain suhu, proses memasak nasi juga perlu diperhatikan dengan baik.

"Pertahankan suhu panas 60 derajat (Celsius) dan beras dicuci dengan baik. Itu tidak akan keracunan karena bakteri tidak bisa berkembang biak," ucapnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya