Sandiaga: Harga Nasi Ayam Lebih Murah di Singapura, Kok Bisa?

Nasi Ayam Hainan.
Sumber :
  • Pixabay/cegoh

VIVA – Nasi dengan lauk ayam gurih, atau biasa disebut nasi nainan menjadi salah satu menu makanan yang begitu populer di Singapura. Namun, bukan hanya di negara asalnya saja, nasi hainan juga tidak asing bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia. Nasi Hainan merupakan nasi gurih yang dimasak dengan minyak ayam, kaldu ayam, jahe dan daun pandan.

11 Makanan Khas Bali, Nomor 6 Wajib Coba Kalau ke Pulau Dewata

Umumnya di negara asalnya nasi ini disajikan dengan lauk ayam rebus atau ayam celup bumbu yang digoreng. Nasi ini pun merupakan menu yang paling sering dipesan oleh para pekerja kantoran ketika makan siang.

Baru-baru ini calon wakil presiden Sandiaga Uno menyebut bahwa untuk makan siang di Jakarta ternyata lebih mahal jika dibandingkan dengan di Singapura. Seporsi nasi ayam di Singapura dijual seharga Rp35 ribu sedangkan seporsi nasi ayam di Jakarta dibanderol Rp50 ribu.

Kaesang Pangarep Kini Jualan Ayam

Mari kita coba sandingkan nasi hainan di Singapura seharga Rp35 ribu dengan versi nasi hainan di Jakarta dengan harga Rp50 ribu.

Untuk nasi hainan di Singapura, VIVA mengacu pada Tian Tian Hainance Chicken Rice yang ada di Maxwell. Maxwell ini merupakan food court yang populer di Singapura. Tempat ini selalu dipenuhi oleh banyak orang. Saking penuhnya tempat ini pun cukup panas lantaran tidak dilengkapi fasilitas pendingin udara.  

4 Langkah Mudah Nikmati Sayap Ayam Tanpa Ribet dan Kotor

Untuk seporsi nasi hainan di sana berisi potongan ayam dan nasi ditambah dengan satu mangkuk kaldu ayam. Seporsi nasi ini dihargai sebesar 3,5 Dollar Singapura atau setara dengan Rp38.500. Harga ini pun cukup wajar untuk katagori makanan food court di Singapura. Masakan di sini memang menjadi populer lantaran kualitas dan rasanya yang enak.

Sedangkan untuk nasi hainan di Jakarta, coba tengok Wee Nam Kee yang berada di Grand Indonesia, salah satu pusat perbelanjaan elit di Jakarta. Wee Nam Kee merupakan franchise dari Singapura yang terkenal dengan menu nasi hainan-nya. Resto ini telah berdiri sejak tahun 1987.

Nasi hainan legendaris yang tersaji di resto itu dibanderol dengan harga Rp49 ribu, belum termasuk pajak. Soal rasa, tentu saja super lezat. Santap di sini juga lebih nyaman, dengan adanya penyejuk udara. Pengunjung juga tidak perlu berkeringat dan berdesakan, seperti jika ingin menikmati nasi hainan seharga Rp35 ribu di Singapura. Di sini, suasananya nyaman dengan interior khas oriental.

Jadi apa kesimpulannya? Perbedaan harga nasi hainan di Jakarta dan Singapura masih terbilang wajar. Kembali lagi pada perbandingkan nasi hainan di foodcourt Singapura dan resto Jakarta. Pernyataan Sandiaga ada benarnya, kalau harga nasi hainan di Singapura memang lebih murah dari harga Jakarta. Tapi dengan harga nasi hainan sekitar Rp50 ribu di Jakarta, Anda akan mendapatkan suasana makan yang lebih nyaman, dibandingkan dengan nasi hainan seharga Rp35 ribu di Singapura. Nasi hainan seharga Rp35 ribu di Singapura hanya bisa Anda temui di foodcourt sederhana atau kedai makan pinggir jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya