4 Langkah Membuat Telur Rebus Sempurna

Telur rebus.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA – Merebus telur merupakan keterampilan memasak yang penting. Terlihat bukan tugas yang sulit tapi sering berakhir dengan hasil yang tidak sempurna.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Dua hal yang paling umum terjadi ketika merebus telur adalah mendapatkan tingkat kematangan yang pas dan kulit telur yang mudah dikupas, tidak menempel pada bagian putih telur dan merusaknya.

Untuk itu perlu metode yang tepat untuk menghasilkan telur rebus sempurna. Berikut ini, beberapa langkahnya, seperti dilansir dari laman The Daily Meal.

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

Langkah 1: Tempatkan telur dalam panci, tuang air dingin, dan letakkan panci di atas kompor. Ada baiknya menggunakan telur yang hampir kedaluarsa. Sebab, membran luar telur segar cenderung lebih melekat ke cangkang dibanding telur yang berumur lebih tua, membuat proses pengelupasan lebih sulit.

Langkah 2: Rebus air dingin sampai mendidih. Setelah itu, matikan api, tutup panci dan jauhkan dari panas. Biarkan telur beberapa menit di dalam air sampai matang (9 menit untuk telur ukuran sedang dan 12 menit untuk ukuran besar). Ini untuk memastikan bahwa telur akan sempurna dengan kuning terang dan putih telur yang kenyal, tidak alot.

Jarang Diketahui, 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Puasa Tahan Lama

Telur Rebus

Langkah 3: Saat timer berbunyi, keluarkan telur dari air panas dan letakkan dalam mangkuk besar berisi air dingin untuk menghentikan proses pematangan dan menurunkan suhu telur. Ketika telur mencapai suhu kamar, saatnya mengupas kulit telur, tapi jangan sampai telur menjadi dingin sebab akan lebih sulit untuk dikupas.

Langkah 4: Letakkan telur di atas meja dan gulingkan dengan tekanan menggunakan telapak tangan Anda hingga kulit retak seluruhnya, lalu masukkan telur ke dalam mangkuk berisi air dengan suhu kamar. Cara ini membantu mengupaskan membran sel putih yang menempel .

Selagi telur masih terendam, mulailah kupas kulitnya. Anda juga dapat memilih mengupas telur di bawah air yang mengalir dari keran, sehingga tekanan air dapat membantu mengupasnya. Dengan mengikuti langkah ini, telur rebus menjadi sempurna dan Anda bisa mengolahnya sesuai selera. Selamat mencoba! (ld)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya