Ternyata Ini Rahasia Renyah Ayam Goreng Tepung KFC

Ayam goreng tepung.
Sumber :
  • Food Beast

VIVA – Ayam goreng tepung menjadi salah satu menu makanan favorit di seluruh dunia. Makanan ini mulai populer sejak sejumlah restoran cepat saji bermunculan di benua Amerika dan membuka gerainya di berbagai belahan dunia.

Gak Bisa Masak, Zaskia Adya Mecca Bingung Disuruh Suami Bikin Ayam Goreng

Crunchy dan rasanya yang gurih membuat ayam goreng tepung memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Salah satunya adalah Kentucky Fried Chicken (KFC). Kini Anda dapat membuat ulang resep rahasia KFC di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini seperti yang dikutip dari laman Reader Digest.

1. Resep rahasia

Ramadhan Makin Istimewa! Menu Kesukaan Cipung Hadir di Hotel Mewah Jakarta

Kunci penting untuk menghasilkan ayam tepung goreng ala gerai makanan cepat saji ini adalah menggabungkan 11 bumbu rahasia dengan dua cangkir tepung agar melapisi potongan ayam setelah dicelupkan ke dalam telur dan susu.

Berikut ini bumbu-bumbu yang harus disiapkan

Ayam Pedas Berpadu Manis dan Gurih, Ada Rasa Burning Sensation di Lidah

- 2/3 sendok makan garam
- 3 sendok makan lada putih
- 1 sendok makan lada hitam
- 1/2 sendok makan daun kemangi
- 1 sendok makan garam seledri
- 1 sendok makan mustard kering
- 2 sendok makan garam bawang putih
- 1 sendok makan jahe bubuk
- 1/3 sendok makan oregano
- 4 sendok makan paprika
- 1/2 sendok makan thyme

2. Langsung digoreng

Beberapa orang bersikeras bahwa harus membiarkan ayam yang telah ditepungi sebelum digoreng. Tetapi ternyata tidak demikian. Jika ayam didiamkan terlebih dahulu, tepung akan melunak sehingga hasilnya kurang renyah dan kulit akan lepas dari daging ayam.

3. Teknik penggorengan

Untuk kulit ekstra renyah, gerai makanan cepat saji ini ternyata menggoreng ayam dalam suhu tinggi diantara 300-360 derajat selama 12 menit.

4  Bahan rahasia sebenarnya

Menurut Ron Douglas, penulis Most Wanted Recipes dari Amerika, kunci nyata untuk tekstur renyah yang sempurna adalah Accent, yang merupakan penambah rasa monosodium glutamat (MSG). Anda dapat menambahkan ini ke dalam campuran bumbu sebelum diaduk atau taburkan pada ayam setelah digoreng.

5. Menjaga kulit tetap renyah

Menggigit sepotong ayam langsung dari penggorengan bukanlah ide yang paling cerdas. Di Kentucky Fried Chicken, mereka memasukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam oven ayam pada suhu 175 derajat selama sekitar 20 menit. Ini memungkinkan ayam menjadi lebih matang dan tetap hangat dan renyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya