Ternyata Bir Tercipta Secara Tidak Sengaja

Minuman bir.
Sumber :
  • Pixabay/Wokandapix

VIVA – Tahukan Anda, bahwa bir tercipta secara tidak sengaja ribuan tahun yang lalu. Saat itu orang tak sengaja meminum air yang terfermentasi secara alami setelah menetes di atas roti.

Makin Bebas, Negara Arab Ini Buka Pabrik Minuman Keras Pertamanya

Resep bir tertua di dunia yang ditemukan diperkirakan telah ada sejak 4.000 Sebelum Masehi (SM) dan berasal dari Bangsa Sumeria (Irak). Kala itu mereka membuat bir dengan cara merendam roti dengan air, membiarkannya berfermentasi dan air hasil rendaman tersebut mereka konsumsi.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu produsen bir ikonik Indonesia, Bir Bintang saat memaparkan tentang sejarah dan portofolio produk-produk PT Multi Bintang Indonesia, yang juga merupakan anak perusahaan Heineken International di Indonesia. Mereka menceritakan tentang awal mula terciptanya bir, proses produksi bir dan bagaimana hingga minuman ini sampai ke tangan konsumen.

3 Tips Menyenangkan untuk Menikmati Festival Musik Pestapora

"Kami salah satu perusahaan bir pertama di Indonesia yang sudah berdiri dari 1931. Selama lebih dari 85 tahun, cita rasa bir Bintang yang khas berasal dari pemilihan bahan baku berkualitas, disertai proses pemasakan bir dengan standar yang tinggi," kata Corporate Communication Officer PT Multi Bintang Indonesia, Michael Bliss di Jakarta, Jumat, 26 Oktober 2018.

Selain itu, sebagai produsen,PT Multi Bintang Indonesia tak hanya sekadar menjual produk yang diproduksinya. Mereka juga turut mengedukasi masyarakat dan konsumen, tentang meminum bir secara bertanggung jawab.

Intip Keseruan Hadirnya Nuansa Pasar Malam di We The Fest 2023

"Kami selalu mengampanyekan 'Tunggu 21', artinya kami mengedukasi konsumen bahwa hanya mereka yang telah berusia di atas 21 tahun yang boleh mengonsumsi bir. Selain itu kami juga mengedukasi konsumen agar menjadi peminum bir yang bertanggung jawab yang tahu batasannya," ujar Corporate Sustainability PT Multi Bintang Indonesia,  Andina Jayanti.

Demo menyajikan bir dari PT Multi Bintang Indonesia.

Selain itu, Andina juga mengungkapkan bahwa sebagai produsen pihaknya juga selalu bertanggung jawab terhadap keberlangsungan dan keberlanjutan lingkungan. Salah satunya dengan mengelola limbah pabrik secara bertanggung jawab dan melakukan corporate social responsibility di area sekitar.

Menariknya, mereka juga memperagakan teknik menuang dan meminum bir dengan cara yang baik dan benar, yang disampaikan oleh Draught Beer Facilities Supervisor PT Multi Bintang Indonesia, Antonius Bernardi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya