4 Kuliner Berkuah Nikmat untuk Hangatkan Tubuh saat Hujan

Mie tongseng Yogyakarta.
Sumber :
  • Instagram @kulineryogya

VIVA – Belakangan, ibu kota mulai sering dilanda hujan, mengingat bulan ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Ketika cuaca dingin melanda, nafsu makan pun biasanya semakin meningkat. Makanan berkuah seringkali menjadi pilihan utama untuk menghangatkan tubuh.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Nah, berikut ini adalah empat kuliner berkuah yang wajib dicoba saat musim hujan karena lagi hits di media sosial. Berikut ini di antaranya, seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Sop Kaki Kambing Bang Parman

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Terletak di kawasan Pecinan Glodok, Jakarta, sop kaki kambing satu ini cukup populer di kalangan pecinta kambing. Hal ini, lantaran cita rasa yang disuguhkan bagi para pelanggannya. Kuahnya yang pekat dan gurih. Selain itu, daging kambing yang digunakan pun empuk dan tidak berbau prengus. Untuk seporsi sop kaki kambing di sini dibanderol seharga Rp20 ribuan.

Rayakan HUT Jakarta, Berikut 5 Rekomendasi Kuliner Lokal di Jakarta

2. Mie Tongseng

Mie kuah juga menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan ketika hujan tiba. Berbeda dengan mie pada umumnya, salah satu kedai sate di Jalan Tentara Pelajar, Yogyakarta, yakni Sate Kambing Jokopi menawarkan mie tongseng. Seperti namanya, mie ini pun diolah sama seperti tongseng pada umumnya. Ada tomat, kol dan daging. Hanya saja, di sini ditambah mie kuning. Untuk seporsi mie tongseng dihargai Rp15 ribu.

3. Bakso Aci Ganteng

Terletak di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, bakso aci ini juga begitu populer di kalangan warganet. Di sini terdapat beberapa pilihan menu, salah satunya adalah Bakso Aci Ganteng Maksimal. Untuk menu ini, isiannya terdiri dari bakso aci, cuankie kering, cuankie tahu, sukro cikur, tetelan sapi dan ceker ayam. Kuahnya terasa begitu gurih dan segar lantaran perpaduan antara jeruk nipis dan rasa gurih pedas.

4. Soto Ayam Cak Har Surabaya

Terletak di jalan Arief Rahman Hakim, Keputih, Surabaya, soto ini begitu populer di kalangan warga lokal maupun di media sosial. Semangkuk soto ini berisi daging ayam suir, kulit ayam, soun dan daun seledri. Tentu saja, yang tidak boleh ketinggalan adalah koya yang membuat kuah soto semakin kaya rasa.

Untuk seporsi soto ayam dan nasi, Anda cukup membayar Rp21 ribu. Soto Ayam Lamongan Cak Har buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 02.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya