Wisata Kuliner ke Pekanbaru, Wajib Makan Ikan Patin di Sini

Asam Pedas Patin di Pondok Patin H. M. Yunus, Pekanbaru.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA – Belum ke Pekanbaru, Riau, bila belum mengunjungi Pondok Patin H. M. Yunus. Tulisan serupa juga terpampang di pintu masuk rumah makan yang berada di kawasan Simpang Tiga, Kota Pekanbaru. Rumah makan yang telah berdiri dari 1987 ini memang terkenal dengan aneka ragam hidangan Melayu dan tentu saja aneka olahan ikan patin.

5 Resep Ikan Patin Sebagai Pilihan Menu yang Gurih dan Nikmat

Tak ingin melewatkan kesempatan, VIVA langsung menjajal hidangan itu ketika mengunjungi Kota Pekanbaru baru-baru ini. Seperti halnya di rumah makan Melayu lainnya, beberapa menu langsung dihidangkan di atas meja, misalnya tumis kangkung, ikan sidalis, dendeng batokok hijau dan masih banyak lagi. Semua itu dihidangkan dalam sebuah piring kecil.

Pilihan kami langsung jatuh pada dendeng batokok cabai hijau. Ternyata pilihan itu tepat. Daging yang disajikan cukup empuk untuk ukuran dendeng. Sementara, potongan bawang merah dan cabai hijau di bagian atasnya memberikan aroma dan rasa yang khas ketika sampai di lidah.

Resep Nugget Ikan Patin Ala Putri Habibie, Dijamin Si Kecil Doyan

Usai menyantap dendeng, pilihan berikutnya jatuh pada asam pedas patin. Dari tampilannya, hidangan yang satu ini cukup sukses membuat mulut berdecap tak sabar untuk menyantapnya. Secara perlahan, kami  mencoba menyeruput kuah asam pedas yang berwarna kemerahan itu.

Aneka hidangan di Pondok Patin H. M. Yunus, Pekanbaru.

Mudah Banget, Coba Cara Hilangkan Bau Amis Ikan Patin

Begitu sampai di ujung bibir, rasa asam, segar, dan pedas langsung menyeruak pada suapan pertama. Kini, bagian daging patinnya yang jadi sasaran. Tekstur yang lembut, serta rasa yang kuat begitu meresap pada tiap potong daging patinnya.

Yang tak kalah unik dari Pondok Patin H. M Yunus ialah nama dari aneka ragam minumannya. Sebut saja ES Laksamana Mangamuak, Es Selembut Hati, Es Air Mata Pengantin, dan Es Awet muda. Pilihan kami jatuh pada yang pertama.

Es yang satu ini terdiri dari potongan mangga, yang dicampur dengan kuah santan dan juga gula merah. Paduan rasa antara asam dan manis adalah yang paling kuat dari minuman ini.

ES Laksamana Mangamuak di Pondok Patin H. M. Yunus, Pekanbaru.

Tertarik mencoba? Pondok Patin H.M Yunus ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00-21.00 WIB. Lokasinya tak jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, yaitu di Jalan Kaharuddin Nasution No.1, kec. Simpang Tiga, Pekanbaru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya