Segarnya Air Mata Pengantin yang Identik dengan Kebahagiaan

Es air mata pengantin
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Es air mata pengantin adalah salah satu minuman khas daerah Riau. Minuman dingin ini sangat cocok diminum saat cuaca sedang panas karena bisa menghilangkan dahaga.

KPK Kembali Tetapkan Bupati Meranti Jadi Tersangka, Kini Giliran TPPU dan Gratifikasi

Namanya yang unik membuat pengunjung penasaran dan ingin mencoba kuliner dari Bumi Melayu Lancang Kuning yang dijual oleh mahasiswi asal Riau di Banda Aceh ini. Warnanya yang beragam membuat siapa saja yang melihat menjadi ngiler.

Isian minuman unik ini, terdiri dari berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu,  ada biji selasih, sirop, serutan es batu, serta blewah. Biji selasih selain biasa digunakan sebagai pelengkap atau campuran minuman dingin, juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain.

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Penjual kuliner es air mata pengantin, Chairani mengatakan bahwa minuman ini berawal dari tradisi masyarakat Riau yang selalu menyediakan minuman ini saat acara pernikahan. Air mata digambarkan sebagai simbol bahagia bagi pasangan yang baru menikah. Oleh sebab itu, disebut es air mata pengantin.

Berhubung pernikahan identik dengan kebahagiaan, maka minuman ini lambat laun disebut sebagai air mata pengantin.

Massive Fire Hits 240 Hectares of Natuna Land

"Air mata tersebut adalah air mata kebahagiaan dari pihak pengantin," kata Chairani saat dikunjungi di stan kuliner Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IPMR).

Minuman ini memiliki sejarah yang berawal dari acara pernikahan di Riau. Sebenarnya, minuman ini bisa dibilang mirip dengan es campur yang disajikan dengan beragam buah. Perpaduan cita rasa buah yang menggugah selera dicampur dengan manisnya agar-agar akan memberikan kesegaran di tenggorokan, apalagi bila disajikan dalam keadaan dingin.

Salah seorang pembeli air mata pengantin, Ninda mengaku kaget dan penasaran dengan nama dan rasa kuliner Riau itu. Sehingga ia memutuskan untuk membeli dan merasakan minuman yang dibanderol dengan harga Rp10 ribu per gelas.

"Air mata pengantin, karena warna sama namanya unik. Minumannya enak, kayak ada manis-manis asamnya gitu dan jelly-nya juga manis, jadi terasa lebih segar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya