Mau Cicipi Lumpia hingga Kuliner Jadul Semarang? Ke Sini Yuk!

Pandanaan Art Festival 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Bagi pecinta kuliner khas Semarang jangan lewatkan gelaran Pandanaan Art Festival 2018. Event yang diinisiasi Pemerintah Kota Semarang itu akan memanjakan lidah pencinta kuliner Semarang dari masa ke masa.

Gak Usah Beli Lagi, Ini Cara Membuat Kulit Lumpia Sendiri di Rumah

Pandanaran Art Festival berlangsung selama dua hari sejak Jumat-Minggu, 16-18 November 2018. Selain hiburan, pengunjung akan dimanjakan dengan food festival yang menyuguhkan aneka makanan khas Kota Semarang, mulai dari rintisan usaha kecil dan menengah hingga pengusaha muda Kota Semarang. Jenisnya pun bervariasi seperti berbagai olahan lumpia hingga makanan-makanan jadul yang jarang ditemui.

Sebagai event tahunan, Pandanaran Art Festival kali ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Salah satunya diberlakukannya pembayaran non-tunai pada saat pengunjung ingin berbelanja di merchant-merchant food festival yang disiapkan. Pembayaran non-tunai yang digunakan, yaitu melalui Gopay.
 
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan, layanan pembayaran nontunai ini dimaksudkan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang melalui kemudahan pembayaran non-tunai. Menurutnya, pertumbuhan sektor UMKM di Kota Semarang mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga patut didukung oleh kemajuan teknologi seperti Gopay.

Sate Koyor Karangsaru Legendaris Khas Semarang, Jelang Buka Banyak yang Ngantre

"Setelah sebelumnya Pemkot Semarang menggandeng Gopay dalam pembayaran Bus Rapid Transit Trans Semarang, kini layanan ini berekspansi ke UMKM Kota Semarang," kata Hendrar, Jumat, 16 November 2018.

Ia menyebut pertumbuhan sektor UMKM di Kota Semarang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Saat ini peningkatannya sebesar 1,71 persen dengan pergerakan aset mencapai Rp7,5 miliar.

Nikmatnya Buka Puasa dengan Nasi Ruwet Khas Semarang

"Karena itu kita perlu kita akselerasi dengan teknologi dan digitalisasi yang menggerakkan ekonomi Semarang dengan kemudahan layanan, " ujar dia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Litani Satyawati, menambahkan, pada malam puncak Pandanaran Art Festival pada Sabtu, 17 November, pihaknya akan me-launching  program Cashless Gopay yang dapat dinikmati di objek-obyek wisata Semarang.

Selama gelaran event tersebut, juga akan ada art festival yang menampilkan band-band dan tari oleh pelajar se-Kota Semarang. Puncaknya akan ada konser musik gratis bagi masyarakat dengan menghadirkan band papan atas nasional Andra and The Backbone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya