RESEP: Nikmatnya Sate Cumi-cumi Ala Thailand

Sate Cumi
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

VIVA – Jajanan pinggir jalan seringkali jadi incaran. Kemana pun pergi, aneka menu jajanan pinggir jalan selalu menggoda untuk dicoba.

Khao Soi, Kuliner Thailand Paduan Iga Sapi Lembut dan Kaldu Kelapa

Hal ini lantaran rasanya yang tidak kalah nikmat dengan makanan di restoran namun dengan harga yang terjangkau. Bukan hanya itu saja, pengalaman melihat secara langsung pembuatannya juga menjadi nilai tambah.

Salah satu makanan pinggir jalan yang tengah populer di kalangan warganet belakangan ini adalah sate cumi-cumi ala Thailand. Penampilannya sangat menggoda, terbuat dari cumi-cumi yang dipotong-potong kemudian disisipkan bakso sapi, lalu dibakar. Tergoda menikmati cita rasanya?

Komentar Gibran Setelah Cicipi Sate Celup Milik Baim Wong

Tak usah repot berkeliling mencari jajanan satu ini. Di hari libur Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini resep sate cumi-cumi ala Thailand dari Camcam Sukmaloka yang dikutip dari laman Cookpad.

Baim Wong Tawarkan Pengalaman Kuliner Baru dengan Sate Celup

Sate Cumi-cumi Ala Thailand

Bahan:

- 4 ekor cumi
- 6 bakso sapi
- 1 sosis ayam
- 1/2 gelas kecap manis
- 2 sdm kecap asin
- 3 sdm saus tomat
- 2 sdm saus sambal
- 1/2 sdt kunyit bubuk
- 2 sdm minyak jaitun
- 1 buah jeruk nipis

Cara membuat:

1. Cuci bersih cumi, buang kulit dan plastik di dalam cumi. Kemudian potong-potong cumi lalu diamkan dengan perasan jeruk nipis.

2. Remas-remas cumi agar tidak bau amis, lalu potong sosis sesuai selera. Belah bakso menjadi dua agar mudah ditusuk. Kemudian tusukkan cumi, bakso dan sosis dengan tusukan sate.

3. Setelah selesai semua ditusuk seperti sate, lumuri sate dengan saus kecap dan minyak. Kemudian tambah kunyit bubuk, margarin dan minyak zaitun untuk bumbu lumur sate.

4. Setelah itu diamkan selama beberapa jam di kulkas agar bumbu mengental dan meresap. Setelah meresap lalu bakar sate sampai berubah warna menjadi pekat dan matang lalu sajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya