Mau Coba Tempe Asli Indonesia dari Kedelai Hitam? Di Sini Tempatnya

Tempe.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Tempe menjadi salah satu makanan yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia. Harganya yang murah dan kandungan gizi yang baik membuat olahan kedelai ini begitu diminati. Kita semua pun tahu bahwa bahan utama tempe merupakan kedelai kuning yang diimpor dari luar negeri.

10 Makanan yang Bisa Turunkan Gairah Seks, Pria Wajib Tahu

Padahal ternyata dulunya tempe yang ada di Indonesia dibuat dari kacang kedelai hitam, lho. Hal ini diungkapkan Anissa Hanan founder Micro Tempe, Yogyakarta.

“Zaman dahulu itu aslinya tempe terbuat dari kedelai hitam. Itu tertulis dalam surat centini (semacam buku bahasa Jawa yang menceritakan kehidupan abad ke-16),” kata dia kepada VIVA di The Westin Jakarta Selatan, Rabu, 21 November 2018.

Di Tengah Ingar-Bingar Pemilu, Perajin Tahu di Jombang Menjerit Harga Kedelai Impor Naik

Peralihan penggunaan kedelai hitam ke kedelai kuning untuk pembuatan tempe, kata dia, dimulai sejak dibukanya jalur sutra. Yang mana bangsa China kala itu datang ke Indonesia membawa kedelai kuning.

“Dari situ terjadi akulturasi budaya, jadi orang berubah menggunakan kedelai kuning,” ucapnya.

Anak Mudah Tertular Penyakit Akibat Imun Rendah, Pakar Imbau Cegah Pakai Tempe

Aneka jenis tempe.

Selain itu, beralihnya penggunaan kedelai hitam ke kedelai kuning untuk tempe sendiri juga dilatarbelakangi alasan lebih mudah mengolah tempe dari kedelai kuning dibandingkan kedelai hitam.

“Jadi kan kalau mau buat tempe, kulit kedelai itu dikupas. Kedelai hitam ini tekstur kulitnya lebih tebal, jadi agak sulit dibuka. Dan kalau kedelai hitam ketika dicuci enggak bersih, bagian putih di tempe enggak akan timbul,” kata dia.

Padahal untuk rasa sendiri, menurut dia, dan yang dirasakan VIVA saat berkunjung ke Artisan Market di Westin sendiri, lebih enak tempe dari kedelai hitam. Aromanya pun jauh lebih menggugah selera dan sedikit ada rasa aroma daging panggang.

Bukan hanya kedelai hitam saja, dahulu tempe pun juga dibuat dari kacang-kacangan lokal seperti kacang koro. Untuk tempe dari kacang koro sendiri, ketika dicoba rasanya agak lebih asam. Hal ini lantaran, kata Anissa, adanya kandungan karbohidrat dalam kacang koro tersebut.

Untuk diketahui, masyarakat yang ingin mencicipi olahan tempe dari kacang kedelai hitam, kedelai kuning dan koro dapat langsung mengunjungi Artisan Market di Seasonal Tastes Buffet The Westin Jakarta mulai 21 November-1 Desember 2018.

Untuk harganya, paket weekday lunch sebesar Rp388 ribu++, weekday dinner Rp408 ribu++, sedangkan untuk weekend lunch atau dinner sebesar Rp438 ribu++. Harga sudah termasuk soft drink, beer, dan flavored ice tea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya