Rahasia Masak Nasi Goreng Enak ala William Wongso

Nasi goreng.
Sumber :
  • Pixabay/Rosalinda222

VIVA – Siapa orang Indonesia yang tidak suka nasi goreng? Hidangan satu ini bukan cuma sekadar makanan tapi juga menu comfort food favorit banyak orang Indonesia. Meski terlihat mudah dibuat, namun kenyataannya masih banyak orang yang memilih membeli nasi goreng karena tidak bisa membuatnya seenak seperti di restoran.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Bukan hanya menambahkan berbagai macam bumbu saja, teknik memasak pun ternyata juga bisa memengaruhi rasa nasi goreng. Untuk bisa memasak nasi goreng yang enak, berikut ini tips dari pakar kuliner kenamaan Tanah Air, William Wongso.

Ditemui dalam acara Kumala Kencana Kitchen di JIExpo Jakarta, yang perlu diperhatikan dalam membuat nasi goreng yang enak adalah penggunaan minyak goreng. Dia menyebut, dalam membuat nasi goreng perlu menggunakan minyak dengan suhu panas.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

“Kalau mau bikin nasi goreng yang enak, pertama minyaknya yang panas, terserah takaran minyaknya segimana,” kata dia, Kamis, 22 November 2018.

Kemudian yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah teknik pencampuran telur saat memasak nasi goreng.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

“Ketika minyak panas, masukkan telurnya. Diaduk, diorak-arik, tapi jangan terlalu cepat dibolak-baliknya. Biar telurnya agak gosong tapi wangi,” ucapnya.

Setelah itu, masukkan nasi putih. Untuk memasak nasi pun, kata dia, harus sampai menyatu dengan minyak, kemudian diamkan beberapa saat lalu diaduk-aduk hingga merata.

“(Biasanya kalau) di rumah kan diaduk aja, tapi sebenarnya jangan. Dibiarin aja. Jangan diaduk terus. Dibiarin aja paling sekitar semenit, terus dibalik. Jangan sampai gosong, tapi dia harus ada keraknya sedikit,” ujar William.

Setelah itu baru masukkan beberapa bumbu, seperti bawang merah, bawang putih yang telah dihaluskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya