Mengenal Ragam Jenis Susu di Pasaran, UHT hingga Low Fat

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA –Mengonsumsi susu mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Berbagai jenis susu pun ditawarkan produsen kepada masyarakat.

Pentingnya Konsumsi Susu saat Sahur untuk Jaga Kondisi selama Berpuasa

Darmanto Setyawan selaku Head of Dairy Manufacturing Southeast Asia, PT Greenfields Indonesia menerangkan beberapa jenis susu agar dengan mudah Anda bedakan.

Ada yang dinamakan susu Extended Shelf Life (ESL) di mana proses pengolahannya dibuat sedemikian rupa agar mampu memperpanjang waktu penggunaan susu, namun susu tetap terasa seperti susu segar. Caranya adalah dengan dipanaskan secara tidak langsung atau langsung, mikrofiltrasi, filtrasi dalam dan pemisahan bakteri.

Ini Bahan Pengganti Santan dalam Memasak, Cocok untuk Masak Menu Berbuka

Susu ESL dapat bertahan hingga satu bulan jika disimpan dalam lemari es.

Sedangkan susu Ultra High Temperature (UHT) sendiri proses produksinya harus dipanaskan pada suhu 135 sampai dengan 150 derajat Celsius, dalam waktu 2-10 detik.

Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Bocah yang Kepalanya Nyangkut di Kaleng Susu

Proses pengolahan susu UHT ini menghasilkan produk yang sangat steril sehingga dapat bertahan hingga satu tahun. Jikaa sudah dibuka, baiknya Anda menyimpan kembali susu UHT di dalam lemari es agar kualitas susu tetap terjaga.  

Selain kedua susu tersebut, ada juga susu full cream yang banyak dijual di pasaran. Susu full cream memiliki kandungan lemak lebih banyak yang dapat dipercaya untuk menambah berat tubuh. Rasa susu full cream tentu saja lebih creamy dibandingkan dengan susu lainnya.

Kandungan lemak pada susu full cream sendiri sekitar 3,25 persen. Susu ini juga mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan susu jenis lain.

Kebalikannya susu full cream, susu skim merupakan susu bubuk bebas lemak.

Susu skim diolah dengan proses spray dryer yang berguna untuk membuang kandungan air dan lemak, namun tetap mengikat kandungan laktosa, protein, mineral, vitamin.

Susu skim ini banyak digandrungi masyarakat khususnya kaum hawa untuk menunjang. program diet mereka.

Terakhir adalah susu low fat atau rendah lemak yang diproduksi dengan cara memisahkan kandungan lemak yang terdapat pada susu. Pembuangan lemak itu pun akan menghilangkan beberapa nutrisi yang terdapat pada susu, seperti vitamin dan mineral.

Lantas, di antara jenis-jenis susu tadi, mana produk susu yang paling dicari konsume alias paling laku?

"Susu UHT menjadi primadona di produk Greenfields. Masyarakat kerap mencari susu UHT, karena ukurannya dan bentuknya yang kecil sehingga memudahkan konsumen untuk mengonsumsi dan menggenggamnya," kata Darmato saat berbincang dengan VIVA di Pabrik Greenfields, Malang, Jawa Timur, Kamis, 22 November 2018.

(zo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya