Mengapa Susu Sapi Berkualitas Harganya Mahal?

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay/manolofranco

VIVA – Maraknya produsen susu di Tanah Air yang menjual berbagai jenis merek susu dengan harga bervariasi, membuat masyarakat memiliki banyak pilihan susu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan

Pentingnya Konsumsi Susu saat Sahur untuk Jaga Kondisi selama Berpuasa

Mahalnya susu yang dijual di pasaran rupanya sebanding dengan manfaat yang diperoleh. Salah satunya adalah produk susu milik Greenfields.

Head of Dairy Manufacturing Southeast Asia, PT Greenfields Indonesia, Darmanto Setyawan menerangkan secara detail mengapa susu produksi Greenfields dijual dengan harga yang tinggi dibandingkan produk susu lainnya.

Ini Bahan Pengganti Santan dalam Memasak, Cocok untuk Masak Menu Berbuka

"Ya yang pertama kita mengontrol dari peternakan kita sendiri, sampai dari hulu ke hilirnya, sehingga kita bisa kontrol kualitasnya secara langsung," kata Darmanto saat berbincang dengan VIVA di Pabrik Greenfield, Malang, Jawa Timur, Kamis, 22 November 2018.

Selain itu, susu produksi Greenfields juga diekspor ke luar negeri. "Kemudian, produk kita ini sebagian kita ekspor, dan kemasan produksinya kita samakan antara yang lokal dan ekspor. Hanya ada beberapa negara yang minta ada bahasa lokal negaranya, itu tambahannnya," ucapnya.

Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Bocah yang Kepalanya Nyangkut di Kaleng Susu

Namun, ia mengatakan bahwa baik produk susu yang dijual di Indonesia maupun yang diekspor dibuat melalui proses pengolahan yang sama, karena Standar Nasional Indonesia (SNI) tidak berbeda jauh dengan standar internasional.

"Sehingga kita bisa jamin kita termasuk susu yang masuk melalui standar internasional," ujarnya.

Darmanto menjelaskan bahwa susu yang dihasilkan Greenfields juga berasal dari peternakan sendiri. Seluruh susu yang mereka produksi merupakan susu segar dan murni, yang berasal dari sapi perah yang diternak dan dirawat dengan sangat baik.

"Kami merawat dan memanjakan sekali seluruh sapi perah yang ada di peternakan. Makanan, kebersihan, kesehatan hingga fasilitas peternakan pun kami perhatikan sekali. Jangan sampai sapi-sapi itu stres. Kalau mereka stres, maka tidak akan menghasilkan susu yang berkualitas," katanya.

(zo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya