Binte Biluhuta, Bubur Jagung Khas Gorontalo yang Bikin Nagih

Binte Buluhita. Sumber foto: Pesona Indonesia.
Sumber :

VIVA – Tahukah kamu? Provinsi Gorontalo merupakan daerah penghasil jagung berkualitas tinggi terbesar di Indonesia.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Selain sebagai komoditi ekspor, jagung yang dihasilkannya rasanya manis. Sehingga, banyak kuliner khas dari Gorontalo terbuat dari jagung. Salah satu olahan jagung khas Gorontalo yang sungguh menggoyang lidah adalah Binte Biluhuta.

Binte Biluhuta, disebut juga Milu Siram atau Sup Jagung merupakan kuliner berkuah khas masyarakat Gorontalo. Berupa sejenis sup jagung dengan kuah bening, dengan campuran ikan atau udang. Binte Biluhuta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin, dan pedas. Paling lezat dinikmati selagi masih panas.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Selain enak, juga bisa tumpas kolesterol jahat
Kata Binte atau Milu artinya jagung, sedangkan Biluhuta artinya disiram. Jadi, kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram. Karena berbahan dasar jagung, makanan ini dipercaya dapat menghancurkan kolesterol, khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Sehat banget, kan?

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Selain jagung, makanan ini juga menggunakan bahan utama lainnya, seperti ikan tuna, cakalang, tengiri, dan udang. Tak heran, sup Binte Biluhuta yang rasanya segar dan gurih ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca dingin, terutama bagi yang sedang flu.

Cara penyajiaan Binte Biluhuta berbeda dengan sup-sup lainnya. Pada saat masakan ini disajikan, bumbu-bumbu yang membuat rasanya berbeda, seperti cabe rawit, daun pepaya yang menyebabkan rasa pahit yang khas, dan jeruk nipis diletakkan pada wadah yang terpisah.

Jika menginginkan rasa pahit, tambahkan sup ini dengan irisan tipis daun pepaya, campurkan ke dalam sup. Begitu pula jika Sobat Pesona menginginkan rasa Binte Biluhuta dengan rasa asam yang tajam, tambahkan perasan jeruk nipis. Hasilnya, rasa kuah yang asam segar berpadu dengan rasa manis jagung dan harum kemangi. Meskipun mengunakan bahan utama ikan, kuliner khas Gorontalo ini tidak berbau atau terasa amis karena bau amis tersebut tertutupi oleh rasa asam, pahit atau pedas.

Menu masakan Binte Biluhuta sangat mudah didapatkan di Provinsi Gorontalo. Bisa dibilang, hampir sebagian besar tempat makan menawarkan menu ini. Dari yang resto besar sampai warung-warung sederhana menyajikan kuliner khas Binte Biluhuta atau Milu Siram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya