RESEP: Bikin Apple Pie ala McDonald's, Dijamin Enggak Kalah Enak

Apple Pie McDonald's buatan rumah.
Sumber :
  • Cookpad/Solina Piani

VIVA – Bukan hanya kentang atau ayamnya saja yang menjadi primadona, salah satu camilan, yakni apple pie dari restoran cepat saji, McDonald’s pun begitu dicintai para pelanggannya.

Kejagung Kembali Jerat 1 Tersangka Korupsi Impor Gula, Direktur SMIP Ditahan

Terkadang untuk memakan jenis camilan ini pun tidak cukup satu porsi. Tentunya itu akan membuat kantong Anda jebol. Nah, di tanggal tua seperti ini mungkin ada baiknya jika kalian membuat apple pie sendiri di rumah.

Selain lebih murah, tentunya akan lebih sehat. Tak percaya? Berikut ini resep apple pie ala McDonalds dari Solia Piani yang diunggah di laman Cookpad.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Namun, sebelum mulai membuat, ada sejumlah tips yang harus Anda ketahui. Yang pertama adalah jangan mengaduk adonan dengan tangan langsung. Panas dari tangan akan membuat hasil pienya menjadi keras.

Kedua, adonan harus diistirahatkan di dalam lemari es untuk melunakkan gluten dalam terigu dan mendinginkan mentega atau margarin di dalam adonan. Jadi hasil pie-nya renyah dan tidak keras.

Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Anak, Peran Orang Tua dalam Memilih Camilan

Selamat mencoba!

Apple Pie McDonald's Buatan Rumah
Bahan-bahan

Crust

-125 gr tepung terigu all purpose
-2 sdm gula bubuk
-90 gr mentega atau margarin, bekukan dan potong-potong dadu
-1/4 sendok teh garam (skip garam jika pakai margarin)
-3 sdm air es

Filling

-2 buah apel
-1 sdt air perasan jeruk lemon
-50-75 gr gula pasir halus
-1-2 sdm gula palem atau gula merah, sisir halus
-1/2 sdt kayu manis bubuk
-1/4 sdt pala bubuk (optional)
-1/8 sdt garam
-1 sdm tepung maizena atau terigu

Taburan

-Kayu manis bubuk secukupnya
-Gula halus bubuk secukupnya

Cara Membuat

1. Crust: Campur terigu, gula bubuk dan garam. Aduk rata. Masukkan mentega atau maragrin beku, proses dengan menggunakan pisau pastry (atau dua buah pisau biasa) hingga adonan berbutir-butir.

2. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. Hentikan penambahan air jika adonan dirasa sudah cukup kalis, atau tambahkan jika dirasa masih kering.

3. Bungkus adonan dengan plastic wrap (atau plastik biasa juga bisa). Istirahatkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.

4. Filling: Kupas apel dan iris dadu. Campur dengan air perasan jeruk lemon. Aduk rata. Masukkan gula pasir halus, gula palem, kayu manis bubuk, pala dan garam. Aduk rata. Simpan dalam lemari es minimal 30 menit hingga apel berair (keluar juice-nya).

5. Keluarkan dari lemari es. Taburi maizena dan aduk rata. Panaskan apel bersama juice-nya di atas api hingga mengental dan apel agak lunak. Angkat. Sisihkan.

6. Penyelesaian: Ambil 1 bagian adonan, gilas tipis setebal kira-kira 1/2 cm. Bentuk menjadi persegi panjang.

7. Tata filling apel di bagian tengah adonan, tutup dengan selapis adonan lagi, kerat - kerat pinggir adonan dengan ujung garpu.

8. Goreng apple pie dalam minyak panas hingga coklat keemasan. Angkat. Sajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis bubuk.

(zo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya