Segarnya Gangan Ikan Khas Belitung, Asam Pedasnya Nikmat Banget

Gangan Belitung
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Bukan hanya populer dengan pemandangan pantai dan budayanya saja, Belitung juga ternyata menjadi surga bagi para pecinta makanan, khususnya hidangan laut atau seafood. Dekat dengan perairan, kota yang juga terkenal dengan daerah tambangya ini memiliki beragam jenis olahan seafood yang begitu menggiurkan lidah. 

Sandiaga Uno Dorong Kebangkitan Ekonomi Belitung Lewat Sport Tourism

Salah satunya adalah Gangan, yang merujuk pada bumbu rempah kuning khas Belitung. Gangan disajikan dengan ikan laut ketarap atau dikenal dengan ikan napoleon atau bisa juga menggunakan ikan kakap merah. Tidak lupa ditambah dengan irisan buah nanas segar. Pada dasarnya, penampakan Gangan ini serupa dengan sup ikan yang kuahnya kuning lantaran didominasi dengan bumbu kunyit dan cabai merah.

Seorang pramusaji restoran Raja Seafood di Belitung, mengungkapkan bahwa cita rasa Gangan ini memang harus dominan dengan rasa asam. Hal ini dimaksudkan agar bisa menimbulkan rasa segar kepada setiap orang yang menikmatinya. Selain menggunakan nanas, rasa asam juga didapat dari penggunaan asam jawa.

Belitung dan Bromo Banyak Dicari Wisatawan Pengguna Internet

VIVA pun berkesempatan mencicipi hidangan khas Belitung ini. Untuk penampilannya, sekilas mirip dengan ikan kuah kuning. Namun bedanya, kuah kuning di Gangan ini lebih cerah dibanding ikan kuah kuning. Sejujurnya, ketika ingin mencoba, kami cukup takut dengan rasa asam dari Gangan ini. 

Namun, perasaan itu seketika lenyap begitu saja. Rasa asam Gangan ini nyatanya tidak seperti yang dibayangkan. Kuahnya yang terasa begitu segar dan pedas menyatu dengan nikmat di mulut. Makanan ini pun semakin sedap jika ditambahkan irisan cabai rawit merah untuk sensasi pedas yang lebih hot.

Serunya Belajar Sastra di Museum Kata Andrea Hirata

Daging ikannya pun begitu empuk. Makin enak, karena kita tidak perlu repot mencabut duri halus ikannya, karena tidak memiliki duri sama sekali. Selain itu pengolahan ikannya juga sempurna sehingga tidak ada bau amis yang menyengat. 

Sup ikan ini sangat cocok jika dikonsumsi di saat panas karena dapat membangkitkan semangat lewat rasa asam dan pedas yang meledak di mulut. Untuk seporsi Gangan ukuran besar di sini dihargai Rp120 ribu. (ren)

Wisata pulau Belitung

Promosikan Wisata Belitung, Tour of Kemala akan Digelar

Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) yang didukung PB ISSI akan menggelar Tour of Kemala akan diadakan pertama kali di Belitung

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2022