Begini Cara Terbaik Memecahkan Telur

Ilustrasi telur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Telur menjadi bahan makanan yang paling sering dikonsumsi setiap harinya. Mulai dari dikonsumsi sebagai makanan utama seperti telur goreng hingga dijadikan bahan adonan kue.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Nah, memecahkan telur mungkin terdengar seperti perkara yang mudah. Tetapi terkadang hal ini juga bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti kuning telur yang ambyar hingga pecahan kulit telur yang masuk ke dalam wadah.

Berikut ini beberapa cara memecahkan telur yang tepat dan efisien, dilansir dari laman Insider, Kamis, 29 November 2018.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

1. Pecahkan telur pada benda dengan permukaan rata

Ketika Anda memecahkan telur dengan benda dengan permukaan bergerigi atau tidak rata seperti tepi mangkuk, misalnya, Anda akan mematahkan cangkang dan selaput pelindung yang memisahkan cangkang dan kuning telur. Hal ini memudahkan pecahan cangkang masukkan ke dalam mangkuk Anda.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Tapi, dengan memegang telur Anda di satu tangan dan mengetuknya di permukaan yang datar seperti talenan atau meja akan membuat retakan di cangkang telur. Anda pun bisa membuka retakan cangkang dan telur bisa keluar dengan sempurna tanpa ada serpihan cangkang yang masuk.

2. Memecahkan telur dengan satu tangan

Teknik memecahkan telur dengan satu tangan merupakan teknik yang populer di kalangan chef profesional. Teknik ini pun dinilai baik ketika Anda perlu memecahkan beberapa telur dengan cepat.

Menurut Serious Eats, teknik ini melibatkan penggunaan jari manis yang akan memegang bagian bawah telur. Kemudian, gunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah memegang bagian atas telur. Nantinya ketika telur dipecahkan cangkang telur masih ada di tangan sehingga tidak ada pecahan cangkang masuk ke dalam telur.

3. Menggunakan pisau

Beberapa koki lebih sering menggunakan pisau untuk memecahkan telur. Ilmuwan Sally Solomon, yang meneliti metode memecahkan telur terbaik pada tahun 2001, mengatakan kepada bahwa metode terbaik memecahkan telur adalah menggunakan pisau.

"Untuk hasil terbaik, Anda harus memegang telur di bagian runcingnya. Kemudian gunakan pisau palet dan pukul di bagian tengah telur. Ketika memecahkannya, gerakkan pergelangan tangan seperti tengah melemparkan tali pancing," kata dia.

4. Ketika pecahan telur masuk ke dalam wadah telur

Chef de Cuisine Nick Tamburo dari Momofuku Nishi di New York, Amerikat Serikat sebelumnya mengatakan kepada jika ada  potongan cangkang di telur yang retak dan masuk ke dalam wadah, gunakan cangkang kulit yang lebih besar untuk mengambil potongan cangkang kecil.

"Ini adalah trik mudah yang kebanyakan ibu rumah tangga tidak tahu, ” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya