Begini Cara Masak Shabu-shabu yang Benar

Chicken Collagen Nabe by Shabu Shabu House
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Hidangan khas Jepang memiliki cita rasa yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Bukan hanya sushi, shabu-shabu juga memiliki cita rasa yang pas di lidah orang Indonesia.

Strategi Bisnis Kuliner untuk Bersaing di Pasar yang Kompetitif

Shabu-shabu sendiri tergolong ke dalam jenis nabe ryori atau makanan yang dimasak di dalam panci dan dimakan selagi hangat. Umumnya, isi shabu-shabu akan disantap dengan kuah kaldu.
 
Nah, karena dikonsumsi dalam keadaan hangat, biasanya tiap restoran yang menawarkan menu ini, menyediakan alat masak sendiri di meja tamu lengkap dengan kompor kecil juga pancinya. Dan perlu diketahui, saat memasak shabu-shabu ada cara khususnya.

Marketing Communication Shabu Shabu House Restaurant, Naomi Juniarta yang ditemui VIVA dalam acara Good Food Festival 2018 di Plaza Indonesia memberikan tips cara memasak dan menyantap shabu-shabu.

Masuk Musim Hujan, Saatnya Menikmati Hot Pot dan Ini Kelebihannya

Pertama kali, pengunjung akan diberikan panci yang berisikan air kaldu dan beberapa bahan makanan seperti daging dan sayuran. Agar kaldu terasa lebih nikmat, masukkan sebagian tulang ayam dan daging.

"Setelah itu, masukkan jamur shittake, itu membantu rasa sup jadi manis," kata Naomi, Senin 3 Desember 2018.

Dia melanjutkan, setelah itu masukkan beberapa sayuran yang butuh proses pematangan cukup lama, seperti wortel, jagung dan lain-lain.

Festival Kuliner Virtual Terbesar Dibuka, Bisa Dinner Bareng Idola

"Setelah itu masukkan daun bawang untuk menambahkan rasa, kemudian masukkan jamur kembali dan terakhir masukkan ayam kembali," ujar dia.

Juniarti menambahkan kesalahan yang sering dilakukan oleh masyarakat ketika memasak shabu-shabu adalah merebus udon yang disediakan. Padahal, kata dia, udon yang disediakan telah matang dan tidak perlu direbus lagi.

"Salah satu kesalahan udon dimasukin, padahal udon sudah matang, kalau masukkan di awal jadi hancur," kata dia. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya