5 Dessert Terlezat di Asia, Ketan Mangga hingga Cendol

Mango Sticky Rice.
Sumber :
  • Pixabay/cegoh

VIVA – Rasanya tidak ada orang yang tidak menyukai dessert atau makanan penutup. Hal ini lantaran rasa manis yang ditawarkan dan penyajiannya yang unik.

Banana Fritter from Indonesia Wins the World's Best Dessert

Tidak hanya itu, beberapa makanan penutup pun diklaim bisa menghilangkan stredalam waktu singkat. Bagi Anda pecinta dessert, mungkin bisa mencoba lima dessert terlezat di benua Asia versi CNN Travel di bawah ini, seperti dilansir Senin, 3 Desember 2018.

1. Sticky Rice with Mango, Thailand

Mantap! Pisang Goreng Jadi Hidangan Penutup Nomor 1 di Dunia

Makanan ini menjadi salah satu makanan penutup paling sempurna di dunia. Makanan tradisional ini terbuat dari beras ketan yang dikombinasikan dengan santan dan gula aren serta mangga. Untuk mangga, yang digunakan biasanya varian nam dok mai atau aok rong yang keasamannya lebih tinggi dan berpadu pas dengan gula aren.

Ilustrasi mango sticky rice.

Alasan Kenapa Kita Sering 'Ngidam' Camilan Manis Usai Makan Berat

2. Tub Tim Krob, Thailand

Tub tim krob berarti delima renyah. Ini merupakan makanan penutup yang berwarna dan menyegarkan. Setelah makan makanan pedas Thailand, akan menyenangkan untuk menetralisirnya dengan tub tim krob ini. Tub tim krob merupakan es serut yang dikombinasikan dengan air kelapa dan daun pandan.

Yang menjadi kunci dari dessert ini adalah semacam jeli berbentuk rubi. Cara membuatnya, kacang chesnut direndam dalam sirup grenadine dan dibalut tepung tapioka, lalu direbus.

3. Sesame Balls (Jian Dui), China

Sekilas dessert ini mirip dengan onde-onde dari Indonesia. Namun, diisi dengan pasta kacang merah manis atau biji teratai yang dihaluskan.

Jian dui sangat populer sebagai camilan di perayaan Tahun Baru Imlek. Hal ini lantaran, dessert tersebut memiliki filosofi besar bagi masyarakat setempat. Bentuk bulat dan warna emas adalah pertanda baik untuk tahun yang akan datang, seperti bagaimana jian dui mengembang ketika digoreng dalam minyak panas.

4. Kulfi, India

Di antara camilan paling menggairahkan dalam keluarga es krim, dessert beku ini memiliki tekstur yang menggoda. Untuk membuat dessert ini diperlukan konsistensi pengadukan susu segar di atas api kecil, yang memberikan rasa manis karamel dari gula alami yang terkandung di dalam susu.

Ketika berada di India, Anda bisa mencicipi berbagai varian kulfi, mulai dari mawar, kapulaga, safron hingga pistachio.

5. Cendol, Singapura

Dessert ini bisa Anda temukan di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, CNN berpendapat bahwa cendol di Singapura lah yang paling lezat. Cendol di Negeri Singa ini tak berbeda jauh dengan yang ada di Indonesia dan Malaysia. Bedanya diberi tambahan kacang merah di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya