Warganet Malaysia Ngamuk Gara-gara Cendol Disebut dari Singapura

Cendol khas Malaysia.
Sumber :
  • Instagram @chiyeaneats

VIVA – Kisruh soal negara asal cendol menjadi buntut setelah dirilisnya daftar 50 dessert atau makanan penutup terbaik di dunia tahun 2018 versi CNN.

Mantap! Pisang Goreng Jadi Hidangan Penutup Nomor 1 di Dunia

Dalam situs tersebut, disebutkan bahwa berbagai varian cendol dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara. Namun, cendol khas Singapura lah yang dianggap paling spesial, dengan tambahan kacang merah manis.

Ternyata hal ini membuat warganet Malaysia mengamuk. Mereka tidak terima bahwa cendol yang juga populer di Malaysia disebut berasal dari Singapura. Apalagi jika situs itu menyebut cendol Singapura paling enak lantaran diberi tambahan kacang merah manis. Itu karena cendol khas Malaysia pun biasa ditambahkan kacang merah.

Alasan Kenapa Kita Sering 'Ngidam' Camilan Manis Usai Makan Berat

"Yang terhormat CNN, datanglah ke Melaka dan coba cendol kami," kata warganet asal Malaysia, dikutip dari laman Today Online, Selasa, 4 Desember 2018.

Tanya (orang Singapura) di mana mereka mendapatkan saus gula untuk membuat cendol,” tulis warganet lain, mengacu pada gula Melaka asal Malaysia yang dipakai di Singapura untuk membuat cendol

Tema 'Folklore' di Jakarta Dessert Week 2023, Cerita Rakyat Jadi Inspirasi Kreasi Dessert

Cendol itu berasal antara dari Malaysia atau Indonesia. Yang jelas bukan dari Singapura,” ucap warganet.

Untuk diketahui, hingga saat ini tidak diketahui asal usul cendol. Yang pasti, dalam sebuah laporan dari iFood, disebutkan bahwa kata ‘cendol’ muncul untuk pertama kalinya dalam proyek konkordansi Melayu yang diterbitkan pada tahun 1932. (csr)

Pisang Goreng

Banana Fritter from Indonesia Wins the World's Best Dessert

According to Taste Atlas, banana Fritter from Indonesia is considered the number one best dessert in the world.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024