Rekomendasi 4 Kedai Cendol Terbaik di Malaysia dan Singapura

Cendol durian khas Malaysia.
Sumber :
  • Instagram @kl.now

VIVA – Masuknya cendol ke dalam daftar 50 dessert terbaik di dunia 2018 versi CNN membuat heboh dunia maya. Pasalnya, dalam laman tersebut, cendol khas Singapura lah yang disebut paling spesial lantaran disajikan dengan tambahan kacang merah manis.

Dulu Jualan Cendol, Kini Andika Mahesa Punya Rumah Mewah Bernuansa Putih

Hal itu lantas menuai banyak reaksi dari warganet. Kebanyakan dari mereka menganggap laman tersebut secara tidak langsung mengatakan bahwa cendol berasal dari Singapura.

Kita sama-sama tahu bahwa Indonesia dan Malaysia juga memiliki versi cendol sendiri yang berbeda dengan versi Singapura. Begitu juga dengan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Disuguhi Bebek dan Sambel oleh Nagita, Taeyong NCT 127 Kepedesan Tapi Ketagihan

Nah, bagi Anda yang penasaran cita rasa cendol Malaysia dan Singapura dan ingin mengetahui perbedaannya dengan cendol khas Indonesia, coba cicipi saat berkunjung ke dua negara tersebut.

Baca juga: Jadi Dessert Terbaik Dunia, Kenapa Cendol Disebut dari Singapura?

4 Variasi Cara Membuat Cendol Modern

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah rekomendasi empat kedai cendol  terbaik di Malaysia dan Singapura yang bisa Anda singgahi.

1. Kwong Wah Ice Kacang

Berlokasi di Malaka, es cendol di tempat ini begitu populer di kalangan wisatawan dan warganet. Es cendol ini menggunakan cendol hijau yang disajikan di dalam mangkuk dengan es serut, kacang merah dan gula Melaka.

Untuk jam buka kedai ini pun mulai pukul 11.30 hingga 18.30 (Selasa-Minggu) waktu setempat.

2. Old Amoy Chendol

Terletak di Chinatown Singapura, cendol di sini pun juga populer di kalangan masyarakat Negeri Singa. Sama seperti cendol pada umumnya, cendol di sini terdiri dari semangkuk es serut yang diberikan cendol hijau, santan, gula Melaka dan kacang merah.

Semangkuk es cendol di sini dihargai sebesar SG$2 atau kurang lebih Rp20 ribu. Untuk jam bukanya sendiri setiap hari mulai dari pukul 10.30 hingga pukul 21.00.

3. Penang Food Famous Teochew Chendul Ice Kacang

Es cendol di sini merupakan street food favorit. Tidak heran jika banyak pengunjung yang rela antre untuk menikmati semangkuk es cendol ini.

4. Cendol Cowkit

Terletak di Lorong Raja Bot, 50300 Kuala Lumpur, cendol ini juga menjadi salah satu cendol yang cukup populer. Yang membedakan, di sini cendolnya diberi tambahkan buah durian utuh berukuran besar sebanyak dua buah.

Jam bukanya mulai pukul 14.00 hingga pukul 02.00 setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya