RESEP: Cakwe Enak Antigagal Tanpa Ragi dan Amonia

Cakwe
Sumber :
  • Aditya Damayanti

VIVA – Cakwe menjadi salah satu jajanan yang memiliki banyak penggemar. Camilan tardisional China ini biasanya menjadi makanan ringan kala santai, terutama saat libur dan kumpul dengan keluarga.  

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

Cakwe kerap dijadikan teman makan bubur ayam ini, juga enak dimakan dengan tambahan saus cair setelah digoreng. Makanan yang terbuat dari tepung terigu ini sebenarnya relatif mudah dibuat meski membutuhkan waktu tidak sebentar.

Namun perlu diketahui bahwa cakwe dianggap sukses dalam proses pembuatannya jika bagian dalam cakwe berongga atau kopong. Berikut ini resep membuat cakwe tanpa menggunakan ragi maupun amonia dari Aditya Damayanti, seperti dilansir dari Cookpad.

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

Cakwe

Bahan-bahan:
- 200 gram tepung terigu protein tinggi
- 30 gram telur, kocok lepas
- 75 gram air
- 1,5 gram baking soda
- 1,5 gram baking powder double acting (BPDA)
- 8 gram garam (boleh skip)
- 1 sendok teh (sdt) bawang putih bubuk (tambahan, boleh skip)
- 7 gram minyak

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

Catatan:

1. Pilih telur ukuran kecil, kocok lepas baru timbang sesuai takaran resep
2. Ukuran BPDA dan baking soda kalau tidak mempunyai timbangan digital bisa menggunakan ukuran 1/2 sendok teh tetapi tidak penuh
3. Pakai api sedang agar minyak waktu menggoreng tidak terlalu panas
4. Pastikan baking soda dan BPDA masih fresh

Cakwe

Saus Cakwe:
- 2 siung bawang putih
- 1 buah cabai merah
- 3 buah cabai rawit
- 3 sendok makan (sdm) saus tomat
- 200 mililiter (ml) air
- Gula dan garam secukupnya
- 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

1. Campur semua bahan cakwe, ulen hingga tercampur rata dan kalis. Perciki dengan sedikit air agar sewaktu adonan didiamkan tidak kering permukaannya.

2. Tutup adonan dengan cling wrap/serbet. Diamkan adonan selama minimal 8 jam dalam suhu ruangan.

3. Taburi meja kerja, beri taburan sedikit tepung terigu. Gilas, tipiskan dan lebarkan adonan dengan rolling pin hingga mencapai ketebalan 0,5 centimeter (cm).

4. Potong-potong adonan cakwe dengan ukuran sekitar 2x15 cm.

5. Tumpuk dua potongan adonan, oleskan air putih pada satu sisi potongan adonan yang akan ditempelkan agar cakwe tidak lepas saat digoreng. Setelah potongan adonan cakwe ditumpuk, tekan bagian atas permukaan cakwe dengan sumpit, sehingga kedua potongan cakwe tersebut saling menempel kuat.

6. Tarik perlahan kedua ujung cakwe agar memanjang, lalu goreng cakwe dengan panas api sedang, sambil dibolak-balik dan siram-siram dengan minyak agar matang merata. Tiriskan dan siap dihidangkan dalam keadaan hangat dengan saus cakwe.

7. Saus cakwe: Haluskan bawang putih, cabai rawit dan cabai merah. Masukkan ke dalam air yang telah mendidih, tambahkan saus tomat, gula dan garam. Koreksi rasa, apabila kurang masam beri sedikit cuka. Masukkan tepung maizena yang telah dicairkan, aduk-aduk masak hingga mendidih. Dan cakwe pun siap disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya