Telur Ayam Kampung Bikin Pria Subur? Ini Faktanya

Telur ayam/Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA – Untuk meningkatkan peluang kehamilan, dibutuhkan sperma berkualitas baik. Nah, telur ayam kampung dipercaya mampu memperkuat kualitas sperma yang diproduksi di tubuh pria.

Makan Daging Merah Bantu Tambah Kesuburan Pasangan?

Tak sedikit juga masyarakat yang percaya bahwa campuran telur ayam kampung dan madu, ampuh untuk meningkatkan kesuburan pada sperma pria. Sayangnya, hal tersebut belum terbukti secara ilmiah. Meski telur sendiri memang merupakan salah satu sumber nutrisi yang ampuh untuk menunjang kehamilan.

"Dari jurnal yang ada pada September 2018, memang salah satu asupan yang terbukti menunjang kehamilan adalah omega-3. Di mana kandungan omega-3 bisa ada di telur dan ikan," ujar spesialis kandungan, dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG(K) di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa, 18 Desember 2018.

Masa Depan Kaum Adam Terancam Gelap

Selain omega-3, Bee menuturkan bahwa dua asupan lainnya yang juga sangat penting dalam menunjang kehamilan yaitu asam folat dan whole grain atau gandum utuh. Untuk mempersiapkan kehamilan, setidaknya tiga bulan sebelumnya sudah mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, asam folat, maupun gandum utuh.

"Asam folat dibutuhkan 400 miligram untuk mempersiapkan kehamilan. Gandum utuh harus benar-benar gandum asli. Serta omega-3 bisa dari telur dan ikan, berganti-gantian," ucapnya.

15 Persen Penyebab Pasangan Tidak Punya Anak karena Pria Tidak Subur

Adapun jenis nutrisi lain seperti vitamin D, belum terbukti kemampuannya dalam menunjang kehamilan. Namun, untuk asupan lemak jahat yang terlalu berlebihan, terbukti dapat menurunkan peluang kehamilan.

"Jika konsumsi terlalu banyak lemak jenuh yang berasal dari daging merah, itu terbukti menurunkan angka keberhasilan kehamilan," jelasnya.

Ilustrasi sperma.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Menurut WHO, konsentrasi normal sperma pada pria minimal 20 juta per ml air mani. Kurang dari 15 juta sperma perl ml dianggap sebagai jumlah sperma rendah oligozoospermia

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024