Tips Makan Enak Tanpa Khawatir Kolesterol Tinggi

Sate kambing.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody

VIVA – Siapa pun tentu senang menikmati makanan lezat. Apalagi, Indonesia kaya akan berbagai kuliner khas daerah dengan cita rasa yang memikat. Namun, sadarkah Anda bahwa di balik kelezatan makanan ada bahaya kolesterol jahat yang mengintai?

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Kolesterol diketahui bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, misalnya penyakit jantung. Tapi kini bahaya itu bisa ditangkal dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung phytosterol.

"Phytosterol merupakan bahan alamiah dari tumbuhan yang memiliki keunggulan dapat mengendalikan kadar kolesterol terutama kolesterol jahat atau LDL," jelas DR dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 20 Desember 2018.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Saat kita mengonsumsi bahan makanan yang mengandung kolesterol, ia akan masuk ke lambung kemudian turun ke usus. Di dalam usus, sebelum diserap, kolesterol harus bercampur dengan zat empedu dan zat lemak lainnya untuk membentuk suatu massa. Barulah kemudian kolesterol dapat diserap usus.

Namun, bila kita mengonsumsi phytosterol, ruang di dalam massa tersebut untuk kolesterol akan diisi dengan phytosterol sehingga kolesterol pun tidak terserap oleh dinding usus.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

"Usus tidak bisa membedakan. Dia melihat ada massa, dia serap. Akhirnya kolesterol menjadi sangat sedikit dan kadar kolesterol yang dibentuk oleh hati menurun," imbuh Samuel.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, saat akan makan makanan yang berpotensi mengandung kolesterol tinggi, harus dibarengi dengan phytosterol. Hasilnya, kolesterol tidak akan diserap oleh tubuh.

Dari berbagai penelitian terbukti bahwa dosis phytosterol yang dianjurkan adalah sekitar 1.500-3.000 miligran atau 1,5-3 gram. Ini adalah jumlah yang ideal untuk menurunkan kolesterol. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya