5 Fast Food Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Makan di Restoran Cepat Saji

Burger King
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Mengonsumsi makanan cepat saji, seringkali jadi pilihan karena dinilai praktis, murah, dan mudah. Namun, meski demikian, banyak yang meyakini, konsumsi makanan cepat saji terlalu sering, tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi Makanan Favorit Anak Muda, Apakah Ramen Baik untuk Kesehatan?

Tetap,i ternyata ada loh menu makanan di restoran cepat saji yang diklaim sehat. Berikut ini ulasannya seperti dilansir laman Reader Digest:

1. Burger King

Ngeri! 10 Efek Tersembunyi Makanan Cepat Saji yang Bisa Merusak Tubuhmu

Berlawanan dengan kepercayaan umum, Burger King sebenarnya menawarkan pilihan makanan cepat saji sehat yang bukan sekadar burger. Dan, grilled chicken sandwich merupakan alternatif yang baik untuk makanan sehat.

Namun, ahli gizi menekankan jika tertarik memesan menu satu ini, alangkah baiknya tanpa mayo. Maegan White, RD, mendesak untuk menghilangkan mayo dan keju untuk mengurangi kalori dan sebagai gantinya, pembeli meminta salad dressing. Jika Anda ingin menjadi lebih sehat, pilih Vinaigrette atau campuran minyak dan bahan dengan rasa yang asam seperti cuka atau air jeruk lemon. Juga campuran herba dan bumbu. Minyak yang biasanya digunakan adalah minyak zaitun, tapi bisa diganti dengan minyak lainnya. Ini bisa digunakan sebagai pengganti saus krim. Grilled chicken sandwich tanpa mayonaise, memiliki 360 kalori, total lemak 7 gram, lemak jenuh 1,5 gram, serat 6 gram dan protein 36 gram.

Tak Mau Kalah dengan di Israel, McDonalds di Timur Tengah Ikut Bela Palestina


2. McDonald’s

Jika mengonsumsi hamburger biasa di restoran cepat saji ini mengandung 250 kalori, delapam gram lemak, satu gram serat, dan 13 gram protein.

Tidak bisa dipungkiri double cheese hamburger di restoran ini sulit untuk ditolak. Tetapi, sepotong keju ekstra dapat membuat perbedaan besar dalam asupan kalori dan lemak Anda.

Perlu diketahui, untuk cheese burger memiliki 12 gram lemak dan 300 kalori. Jika Anda menghilangkan lemak jenuh dari keju, burger Anda hanya memiliki 250 kalori dan delapan gram lemak.

3. Wendy's

Jika menikmati makanan di restoran ini, jangan khawatir bahan-bahannya minim nutrisi. Dan, jangan anggap remeh sup sebagai salah satu pilihan makanan cepat saji yang sehat. Sebab, jika menikmati hidangan dengan bahan-bahan cabai kecil Anda bisa memperoleh 15 gram protein berkualitas tinggi dan empat gram serat, atau total kurang dari 200 kalori.

Para ahli mengatakan, menu ini bisa jadi makanan pelengkap dengan salad. Elizabeth Shaw, MS, RDN, CLT, merekomendasikan, menambahkan cabai tepat di atas salad sebagai ganti saus dan cara mudah untuk menambah asupan sayuran. Dengan begitu, Anda akan meningkatkan kalium dan meningkatkan karbohidrat.

4. KFC

Dada ayam panggang Kentucky mengandung 210 kalori, tujuh gram lemak, dua gram lemak jenuh, 38 gram protein dengan kacang hijau 25 kalori, 0 gram lemak, dua gram serat, dan satu gram protein.

Satu dada ayam panggang Kentucky menawarkan lebih banyak protein daripada kombinasi dua potong ayam panggang lainnya dari KFC. Molly Cutler, ahli gizi holistik dan pemilik Molly Cutler Health juga memberi tahu kita bahwa dua opsi ini adalah item dengan gula yang paling sedikit ditambahkan minyak inflamasi yang tidak sehat. Makan keduanya dan asupan keseluruhan Anda masih kurang dari 250 kalori.

5. Subway

Mengonsumsi Veggie Delite di restoran ini mengandung 200 kalori, dua gram lemak, lima gram serat, sembilan gram protein.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih substansial daripada salad, Lanette Kovachi, ahli gizi di Subway merekomendasikan salah satu dari 6 subs Fresh Fit subs.

Semuanya mengandung kurang dari 400 kalori, rendah lemak jenuh dan kolesterol dan bebas dari lemak trans buatan.

"Ini merupakan sumber serat yang hebat ketika dibuat dari roti gandum, sembilan butir telur dan diisi dengan semua sayuran segar. Menu ini juga mengandung 20 persen zat besi dan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari," kata dia.  

Dengan hanya 200 kalori, Veggie Delite adalah pilihan kalori terendah dan menawarkan topping lezat seperti mustard madu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya