Daging dan Sayuran Tak Boleh Dipotong Menggunakan Talenan yang Sama

Ilustrasi talenan.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Cutting board atau talenan menjadi salah satu peralatan masak yang wajib dimiliki di setiap rumah, mengingat manfaatnya yang membantu untuk memotong berbagai jenis bahan makanan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Memotong menggunakan talenan mungkin tampak seperti kebutuhan dasar. Tetapi sebenarnya ada banyak yang perlu diketahui. Seperti satu talenan sebaiknya tidak digunakan untuk memotong semua bahan makanan. Ada juga harus tahu cara mencuci talenan yang benar hingga ukuran talenan yang Anda butuhkan.

Dilansir dari laman Delish, Selasa, 8 Januari 2019, berikut ini lima fakta seputar talenan yang perlu diketahui.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

1. Jangan gunakan satu talenan untuk memotong daging dan sayuran

Berhentilah melakukan tindakan tersebut. Itu karena risiko kontaminasi silang yang tinggi. Misalnya, talenan yang terkontaminasi kuman atau bakteri dari daging bisa memperluas kontaminasi tadi jika kembali digunakan untuk memotong sayuran, buah atau bahan makanan lain.

Bukan Asal, Ternyata Ini Fungsi Talenan Berdasarkan Warnanya

Gunakan talenan yang berbeda untuk memotong daging, unggas dan sayuran. Anda bisa menggunakan kode warna pada talenan.

Seperti talenan plastik merah untuk daging mentah dan yang hijau untuk sayuran. Jika Anda lebih suka menggunakan talenan kayu, Anda bisa mengikatkan pita plastik tahan air untuk menjadi penanda.

2. Jangan gunakan talenan yang licin

Untuk menghemat waktu dan keamanan jari Anda. Beli talenan dengan pegangan atau letakkan tisu basah di bawah talenan Anda.
 
3. Ketahui ukuran yang Anda butuhkan

Tentunya tidak akan nyaman menggunakan talenan yang terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk memastikan ukuran talenan Anda tepat atau tidak, tempatkan pisau Anda secara diagonal di atas papan. Luas papan harus lebih besar dari ukuran pisau.

4. Jangan cuci di mesin pencuci piring otomatis

Baik terbuat daria kayu maupun plastik, talenan tidak boleh masuk ke mesin cuci piring, di mana mereka akan memiliki kontak yang terlalu lama dengan suhu panas dan air, yang dapat menyebabkan talenan menjadi melengkung dan bahkan retak.

Sebagai gantinya, gosok papan talenan Anda di dalam ember berisi air sabun panas, dan jika ingin lebih aman (seperti setelah digunakan untuk memotong daging mentah), rendam talenan di dalam larutan cuka dan air sebelum dicuci.

5. Beri minyak

Anda bisa memberi minyak pada talenan kayu dengan minyak mineral yang aman untuk makanan (juga disebut parafin cair) atau lilin. Ini akan membantu mencegah penyerapan air pada permukaan talenan.

(rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya