RESEP: Sayur Asem Jakarta, Nikmat Disantap Saat Makan Siang

Sayur Asem Jakarta
Sumber :
  • Cookpad/Dewi Lina Faidah

VIVA – Sayur asem termasuk salah satu jenis kuliner berkuah yang populer sebagai hidangan rumahan di Nusantara. Terdiri dari beberapa jenis bahan sayuran, sajian ini terasa begitu segar dengan adanya tambahan asam dalam kuahnya.

Resep Simple Lontong Sayur Pepaya Muda Untuk Perayaan Lebaran, Wajib Dicoba Nikmatnya!

Makanan yang sering disajikan di berbagai jenis restoran ini pun begitu sedap jika ditambahkan dengan sambal. Jangan lupa nasi hangat dan juga ikan peda atau ayam goreng serta tahu dan tempe goreng yang bisa menggugah selera makan siang Anda, bukan?

Jika Anda tergiur mungkin bisa membuat sayur asem Jakarta resep dari Dewi Lina Faidah yang diunggah dalam website Cookpad, berikut ini.

Resep Martabak Telur Simple Cocok untuk Menu Buka Puasa

Sayur Asem Jakarta

Bahan sayur:

Rayakan HUT Jakarta, Berikut 5 Rekomendasi Kuliner Lokal di Jakarta

- 250 gram daging sengkel
- 1 buah jagung
- 1 buah terong ungu
- 1 buah labu siam
- Segenggam buah melinjo
- Segenggam kacang tanah
- Segenggam daun melinjo
- 5 lembar kol
- 5 lonjor kacang panjang

Bumbu:
- 1 batang bawang daun
- 3 iris tebal lengkuas, geprek
- 3 lembar daun salam
- 1 buah tomat, potong tebal
- Garam dan gula secukupnya
- 5-6 buah asam kandis

Cara membuat:

1. Cuci dan potong-potong sayuran. Rebus daging dalam air mendidih kira-kira 10 menit, lalu matikan api, dan buang airnya. Potong-potong dagingnya. Lalu didihkan lagi air kurang lebih 2 liter, rebus kembali daging bersama buah melinjo, kacang tanah, daun salam dan lengkuas.

2. Sementara itu, haluskan bumbu kemudian, masukkan bumbu ke dalam rebusan daging. Tutup pancinya biarkan mendidih beberapa menit agar bumbu matang.

3. Setelah bumbu matang, bumbui dengan garam dan gula, asem kandis boleh ditambah dengan kaldu jamur. Lalu masukkan sayuran berturut-turut, mulai dari yang paling lama matangnya, seperti labu dan jagung, lalu tunggu hingga 3-5 menit. Setelah itu, masukkan daun melinjo, kol, kacang panjang dan daun bawang. Tunggu beberapa saat, kemudian masukkan terong dan tomat. Masak lagi beberapa saat sampai sayuran matang.

4. Koreksi rasanya. Setelah itu sayur asam Jakarta siap disajikan. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya