Tips Simpel Memilih dan Mengolah Kerang yang Benar

Jual kerang segar di pasar
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Kerang menjadi salah satu jenis makanan laut atau seafood yang cukup digemari di negeri ini. Itu karena kerang dapat diolah menjadi aneka menu dan hidangan yang lezat.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Bukan cuma enak, ternyata kerang merupakan salah satu makanan laut yang kaya protein, asam amino, asam lemak Omega 3 dan Omega 6, serta mineral besi dan selenium. Namun hingga saat ini masih banyak yang belum paham bagaimana cara memilih kerang yang baik dan cara tepat mengolahnya.

Kepada VIVA, Executive Chef Santika Premiere Hotel Jakarta Hayam Wuruk, Freddy Demianus pun memberikan tips cara memilih dan mengolah kerang yang benar, berikut ini.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

1. Memilih kerang

Kerang dapat dengan mudah kita temukan di pasar tradisional. Freddy menyebut bahwa kerang yang segar adalah kerang yang masih hidup.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

"Harus hidup, kita tahunya itu hidup memang harus dicek satu per satu. Cirinya kerang itu hidup atau tidak, dia akan buka tutup cangkangnya. Kalau kerang bambu kalau dipegang dia akan masuk," katanya kepada VIVA di Kicir Kicir Restauran, Santika Premiere Hotel Jakarta Hayam Wuruk, Kamis 10 Januari 2018.

2. Tidak amis dan harus segera diolah

Kerang segar tidak memiliki bau yang amis. Nah, jika ada satu saja kerang yang mati, baunya akan menyebar ke kerang-kerang lainnya. "Maka dari itu perlu dicek satu-satu," kata dia.

Selain itu, Freddy menjelaskan bahwa mengolah kerang haruslah secepat mungkin.  

3. Memasaknya dengan jahe

Untuk memasaknya, yang utama perlu dilakukan adalah merebus kerang dengan menggunakan bawang putih dan jahe. Freddy menyebut ini penting untuk menghilangkan bau amis dari kerang.

"Kerang pengolahan sama cuma direbus saja pakai bawang putih dan jahe," kata dia. (csr)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya