Lagi Musim, Harga 1 Buah Durian Bisa Semurah Rp5 Ribu

Pedagang menjajakan durian di Lam Ateuk, Aceh Besar, Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Dijuluki sebagai rajanya buah, durian selalu menarik perhatian para penikmatnya mengingat rasanya yang manis dan legit.

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Apalagi jika tengah panen durian, seperti sekarang ini. Anda dengan mudah bisa mendapatkan durian yang banyak dengan harga yang murah. Hal tersebut juga diakui oleh salah satu tim marketing Duren Mamak Kemang, Syahrizal Maulana Hadis.

Dia menyebut, di beberapa daerah penghasil durian seperti Medan, Sumatera Utara, yang tengah panen, para petani bisa menjual satu buah durian dengan harga Rp5 ribu.

Pemudik Motor Mulai Padati Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Beras hingga Durian Dibawa

"Musim durian Medan kalau dari petani per buah Rp5 ribu. Ada juga yang sampai Rp20 ribu tergantung ukuran. Tapi kalau kami ingin memakmurkan petani, kita beli yang Rp20 ribu hingga Rp25 ribu," kata dia saat ditemui VIVA di Duren Mamak Kemang, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Dia melanjutkan, jika pihaknya membeli durian dengan harga Rp20 ribu, mereka bisa menjual dengan harga Rp35 ribu. Namun, semua tergantung dari ukuran durian tersebut. Akan tetapi, jika tidak sedang musim durian, harga satu biji durian di Jakarta paling mahal bisa mencapai Rp500 ribu.

Posisi Sangat Terjepit, PPP Bakal Dapat 'Durian Runtuh' Jika Gabung ke Koalisi Prabowo

"Harganya Rp50 ribu sampai Rp500 ribu, kalau enggak musim di Jakarta," ujarnya.

Soal kondisi durian yang dijual dengan harga murah di Jakarta sendiri, kata Syahrizal, pihaknya tidak bisa mensortirnya lantaran sudah diberikan secara langsung dari pengempul.

"Kondisinya kalau ambil enggak bisa sortir satu-satu karena pengempul kasih kita dan kita langsung ambil," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya