Tren Minuman Kekinian, Thai Tea Masih Jadi Primadona

Thai Tea
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

VIVA – Beberapa tahun belakangan jajanan kekinian semakin inovatif saja, mulai dari makanan tradisional hingga minuman instan, salah satunya thai tea.

Khao Soi, Kuliner Thailand Paduan Iga Sapi Lembut dan Kaldu Kelapa

Minuman asal Thailand ini di Indonesia hampir merajalela. Selain memiliki banyak rasa dan varian, rasanya yang manis segar kerap menjadi pilihan di kala panas terik melanda.

Dilansir laman food and wine, asal muasal Thai Tea dimulai pada tahun 1980, pedagang dari China menyalurkan teh yang menjadi bahan baku Thai Tea yaitu Cha Yen Tea yang merupakan teh hitam atau black tea. 

Resep Tom Yam, Jelajah Kuliner Thailand dari Rumah

Namun karena harganya yang melambung, Cha Yen kemudian digantikan dengan seduhan teh Ceylon yang memiliki aroma tajam dan rasa teh hitam yang pekat. Ceylon ini diketahui berasal dari Sri Lanka. Uniknya, teh ini jika diseduh menghasilkan warna orange yang khas.

Tak hanya teh saja, Thai Tea juga dilengkapi dengan bahan lainnya, seperti rampah-rempah, seperti asam hingga manisan buah. Supaya lebih manis dan creamy, teh yang kaya rempah tadi kemudian dipadukan dengan susu kental manis, gula, krim bahkan santan. Ketika di campur, Thai Tea akan menimbulkan warna oranye alami dari teh, sehingga membuatnya makin menarik. 

Cicip Kuliner Ekstrem Thailand, Kalajengking - Sate Buaya

Di Indonesia, minuman ini makin beragam inovasinya, tak hanya Thai Tea yang original kini variannya lebih banyak seperti green tea, blueberry, hingga taro (ubi ungu).

Kepopuleran Teh Thailand ini juga membuat usaha kuliner tersebut menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, membuatnya menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi produk thai tea ini sudah dikenal luas jadi tidak perlu lagi edukasi pasar. Banyak pula pihak yang menawarkan kesempatan bisnis kemitraan atau waralaba bagi mereka yang ingin membuka bisnis kuliner, namun tak mau repot.

Marketing HIY TEA TEA, Zakiya mengatakan bahwa untuk membuka usaha Thai Tea tak membutuhkan modal besar. 

"Cukup Rp10 jutaan maka sudah mendapatkan paket kemitraan yang lengkap. Tapi khusus Januari 2019 ini tersedia diskon besar dan Anda bisa dapatkan hanya dengan Rp4,9 juta saja," ujarnya dari rilis yang diterima VIVA Senin 21 Januari 2018.

Tak hanya itu, paket usaha yang dijual dan sudah terdapat panduan dan resep rahasia. "Apalagi minuman teh kekinian ini menggunakan daun teh asli impor dari Thailand untuk menjaga kualitas rasanya," ujarnya.(ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya