Bikin Roti Pakai Tepung Jangkrik, Toko Ini Malah Dicibir

Ilustrasi membuat kue/roti.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Roti menjadi salah satu alternatif makanan yang banyak dikonsumsi, terutama bagi mereka yang tak punya waktu luang untuk memasak. Jika umumnya roti dibuat dengan menggunakan tepung terigu atau tepung gandum, namun berbeda dengan roti yang satu ini.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

Sebuah toko roti di Finlandia, membuat suatu terobosan yang berbeda. Fazer Bakery membuat roti yang terbuat dari tepung jangkrik kering dan diklaim memiliki rasanya benar-benar enak.

Pihak perusahaan pun mengimpor tepung jangkrik dari Belanda, dengan alasan kandungan jangkrik pada tepung itu memungkinkan roti mereka mengandung lebih banyak protein daripada roti biasa. 

Serangga Ini Kuasai AS, Padahal Sempat Terancam Punah

Dilansir dari laman Mirror, Finlandia sendiri diketahui baru saja mencabut larangan penjualan serangga untuk digunakan dalam makanan, sehingga membuat perusahaan dapat membuat lebih banyak roti itu. 

CEO Fazer Bakery, Markus Hellstrom mengatakan, jangkrik diolah menjadi tepung kemudian diolah menjadi adonan dan dipanggang menjadi produk yang sangat lezat. 

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

"Kami ingin berada di garis depan revolusi pangan. Kami ingin mendorong pertumbuhan dalam kategori roti. Di toko roti Fazer, kita dapat dengan mudah memanggang dan menguji berbagai jenis hal baru. Roti Cricket (jangkrik) Fazer pertama di dunia adalah contoh yang bagus untuk ini," ujarnya.

Menurut Food Insider, lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia memakan serangga. Mereka mengklaim alasan utama melakukannya adalah karena serangga kaya akan asam lemak, kalsium, zat besi dan vitamin B12.

Namun, sayangnya tidak semua orang tertarik dengan ide itu. Banyak warganet di media sosial yang terganggu dengan inovasi yang dibuat oleh toko roti tersebut, bahkan foto tersebut dibanjiri emotikon mual, muntah, sakit hingga gambar jempol terbalik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya