Spons Pencuci Piring Rentan Jadi Sarang Penyakit, Benarkah?

Spons pencuci piring.
Sumber :
  • Pixabay/congerdesign

VIVA – Mencuci piring dengan spons tentu bukan lagi hal yang asing bagi banyak orang. Selain mampu menghasilkan banyak busa, spons juga dinilai efektif membersihkan noda pada piring.

5 Kesalahan Umum saat Makeup yang Harus Dihindari

Tapi siapa sangka bahwa spons justru bisa menjadi sumber penyakit di dalam rumah. Dengan tekstur yang memiliki banyak lubang, spons berpotensi bisa menyimpan semua benda kotor dan sarang berkembangnya mikroorganisme yang tidak diinginkan.

Saat mencuci piring, potongan-potongan makanan tetap terperangkap di dalam lubang spons. Ketika spons tetap lembap, bakteri baru akan muncul setiap 20 menit. Hal tersebut tentunya berisiko membuat piring-piring di rumah yang telah dicuci dengan menggunakan spons kotor akan terkontaminasi bakteri.

Cegah Bahaya Banjir, IKN Nusantara Bakal Terapkan Konsep Kota Spons

Lalu, bagaimana sebaiknya mencuci piring? Apakah sabun pencuci piring dan bilasan air saja menjamin akan bisa membunuh bakteri-bakteri jahat?

Cari tahu mitos dan faktanya dalam program Ayo Hidup Sehat, di tvOne, Kamis, 24 Januari 2014. Program yang tayang pukul 13.00-14.00 WIB ini akan menghadirkan, Dr. dr. Shirley I. Moningkey, SpPD, MKes yang siap menjawab pertanyaan dan mengulas lebih jauh tentang spons.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, Anda bisa menyaksikannya live streaming di laman ini. (rna)

Ilustrasi spons cuci piring.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?

Disebutkan ada satu cara yang disebut-sebut ampuh membunuh bakteri di dalam spons pencuci piring adalah dengan rutin mengganti spons yang digunakan.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024