Sering Salah, Ternyata Begini Cara Makan Pad Thai

Pad Thai makanan khas Bangkok
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan

VIVA – Pad Thai adalah salah satu makanan tradisional Thailand. Makanan yang mudah ditemukan di jalanan kota Bangkok ini menjadi makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke negeri Gajah Putih. Pad Thai merupakan masakan tumisan mi beras yang disajikan dengan berbagai macam bahan pelengkap. 

Resep Tom Yam, Jelajah Kuliner Thailand dari Rumah

Di negara asalnya, hidangan ini dibuat dari kwetiau atau mi beras yang direndam dalam air, kemudian ditumis dengan dicampur telur dan irisan tahu serta dibumbui kecap ikan, bawang putih, bawang merah, cabai merah, serta gula aren. 

Pad Thai bisa disajikan dengan pilihan daging ayam, babi atau daging sapi, dengan bahan lain yang disajikan sebagai pilihan, boleh ditambahkan sesuai selera, yaitu tauge, kacang tumbuk, dan jeruk nipis.

Cicip Kuliner Ekstrem Thailand, Kalajengking - Sate Buaya

Disajikan secara terpisah, ternyata tujuan disajikan kacang tanah tumbuk, taoge, dan limau seharusnya bukan sebagai optional, melainkan sesuatu yang sudah sesuai takaran untuk membuat cita rasa Pad Thai yang sesungguhnya. Dan hal inilah yang kerap membuat rasa Pad Thai sering disalahartikan sebagai 'hanya mi kwetiau.'

Rahasia ini sering tidak diketahui dan tidak disadari orang Indonesia ketika berkunjung ke Thailand. Jadi jangan heran jika mencobanya dan rasa Pad Thai terkesan biasa saja, karena rasa sesungguhnya Pad Thai akan keluar saat semua bahan dicampur jadi satu. 

Resep: Tomyam Homemade Super Mudah

"Banyak orang salah makan Pad Thai. Bukan hanya yang fine dine, makanan tradisional juga ada seninya, dan Pad Thai ini ada seni untuk makannya," kata Group Marcomm Manager JITTLada Group, Fredericka Rendy yang ditemui di restoran Thai I Love You, Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Thai I Love You merupakan restoran kasual yang menyajikan hidangan otentik Thailand dengan nuansa santai dan harga yang cukup terjangkau. (art)

Khao Soi, kuliner khas Thailand.

Khao Soi, Kuliner Thailand Paduan Iga Sapi Lembut dan Kaldu Kelapa

Kuliner Thailand Khao Soi juga tidak kalah lezat dari tom yum. Hidangan kari yang berasal dari Thailand Utara ini memiliki cita rasa yang sedikit pedas dan kental.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024