Begini Cara Aman Minum Kopi Tanpa Takut Sakit Lambung

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Banyak orang yang selama ini takut minum kopi lantaran khawatir akan mengalami sakit lambung  dan jantung berdebar. Padahal faktanya kopi punya sejumlah manfaat kesehatan dan Anda bisa kok minum kopi tanpa dihantui rasa takut sakit lambung.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Master Roaster di Tanamera Coffee, John Lee pun membeberkan beberapa alasan yang menyebabkan timbulnya keluhan-keluhan tersebut. Salah satunya adalah kopi yang Anda konsumsi kurang segar.

"Memang kalau sakit lambung ada alasan banyak, tapi saya bukan dokter ya. Dari pengalaman saya, itu kopi tidak segar saat dikonsumsi," kata John kepada VIVA di Tanamera Coffee, di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Tak hanya itu, biji kopi yang terlalu lama di-roasting hingga warna menjadi kelewat gelap juga bisa menjadi penyebab sakit lambung akibat minum kopi.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa kandungan asam pada kopi memang menyebabkan perut dan lambung sakit. Terutama jika diminum dalam kondisi perut kosong.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Maka itu, John menyarankan untuk mengonsumsi kopi dengan kafein tidak terlalu tinggi. Anda juga direkomendasikan untuk tidak minum kopi sebelum makan di pagi hari.

"Saya merekomendasikan untuk wanita minum yang manual brew, tapi dicampur dengan air putih. Itu pasti bisa bantu kesehatan juga. Dan yang kadar asamnya rendah," ujar John. (rna)

Coffee Shop sebagai tempat kerja

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Berikut rekomendasi coffee shop di Jakarta Selatan yang cocok untuk kerja. Siapkan aplikasi QRIS agar lebih mudah saat bertransaksi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024