Rahasia Bikin Tahu Enak dan Enggak Lembek

Olahan tahu
Sumber :
  • Pixabay/M4rtine

VIVA – Tahu menjadi salah satu olahan kedelai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Makanan yang telah dikonsumsi di China selama lebih dari 2.000 tahun ini pun memiliki beragam jenis, mulai dari tahu putih, tahu sutra, tahu coklat hingga tahu kuning.

Pengrajin Tahu Tempe di Bandung 'Dicekik' Harga Kacang Kedelai

Varian tahu itu pun cocok diolah dengan berbagai metode mulai dari digoreng, disup hingga di-steam. Namun tidak sedikit dari kita memasak tahu sering mengalami berbagai kendala mulai dari rasa hambar hingga tekstur yang lembek.

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? Berikut ini berbagai cara menghasilkan tahu yang enak seperti dilansir dari laman FoodandBeast.

Siap-siap! Tahu-Tempe Bakal Raib di Jawa Barat Akhir Pekan Ini

1. Buang air

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menekan tahu ekstra keras selama setengah jam untuk menghilangkan air di dalamnya. Keluarkan dari kemasan dan tiriskan secara menyeluruh.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Kemudian potong menjadi dadu dan letakkan di atas tisu pada permukaan datar. Tutupi dengan lebih banyak tisu kertas dan kemudian letakkan sesuatu yang berat di atasnya, seperti buku masak. Biarkan tahu setidaknya selama 20 menit. Periksa tisu dan jika direndam dalam cairan, gantilah.

Kemudian tumis tahu dengan sedikit minyak. Tetapi jangan lupa untuk menambahkannya ke dalam wajan dalam satu lapisan sehingga semua tahu berwarna cokelat sempurna.

2. Tambahkan berbagai rasa

Anda dapat menambahkan begitu banyak rasa yang berbeda pada tahu dan untuk awalnya, Anda dapat mencoba beberapa rasa yang terinspirasi dari Asia. Pilih santan dan kari. Anda dapat merendamnya sebelum diaduk dengan semua rasa lezat yang Anda inginkan.

Coba juga jahe, bawang putih, madu, bahkan kunyit. Rasa tahu cocok dengan apa pun, jadi terserah Anda untuk bereksperimen dan mencari tahu apa yang Anda sukai. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya