Jakarta Best Eats 2019 Siapkan Penghargaan Kuliner Lokal

Ilustrasi sajian kuliner.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Berbicara soal kuliner, beberapa tahun ke belakang masyarakat Indonesia telah disuguhkan dengan beragam inovasi. Baik dari segi cita rasa yang unik, hingga tampilan yang instagramable. Namun, kini, jika berbicara makan bukan lagi sekadar memanjakan mata dan perut. 

Ada Tempat Kuliner Baru di Cikarang, Hadirkan Konsep Grill Delli Hingga Menu Delicatessen

Saat ini masyarakat juga sudah mulai pandai untuk menilai makanan dari segala aspek. Hal itu membuat, kompetisi di antara pelaku industri cukup ketat. Mereka akan rela mengeluarkan segenap ide kreativitas dan pelayanan terbaik untuk membuat para konsumennya datang kembali ke restoran mereka. 

Maka dari itu, Majalah FoodieS dan AQUA Reflections melakukan kolaborasi dan melahirkan penghargaan Jakarta’s Best Eats guna mendorong kreativitas dan mengarahkan pemain lokal kepada pencapaian yang lebih tinggi. 

Menyuguhkan Menu Istimewa dalam Periode Terbatas

Dengan adanya pertumbuhan pesat pada industri kuliner di Jakarta, yang menciptakan persaingan yang lezat serta tren-tren inovatif, FoodieS Magazine dan Reflections selaku brand air mineral, mempergunakan peluang ini dan dengan dibentuknya anggota dewan juri yang merupakan ahli-ahli yang dihormati, khalayak kuliner untuk pencarian tempat makan kelas dunia pun berlanjut. 

Penghargaan dan Buku Panduan Jakarta’s Best Eats akan menyajikan opini para ahli bagi penggemar kuliner lokal maupun mancanegara seputar bakat-bakat kreatif di balik industri kuliner Jakarta yang ternama, yang kemudian diharapkan akan memacu para chef dan pengusaha tempat makan untuk terus mengembangkan pengalaman makan kelas dunia.

67 Destinasi Wisata Unggulan di Purwakarta yang Cocok Buat Berlibur Saat Lebaran

“Selalu sangat menggembirakan untuk melihat restoran-restoran dan chef-chef baru dengan ide yang fresh dan innovatif untuk mendapatkan sorotan publik yang sepantasnya.

Kami bermaksud menjaga esensi dari Penghargaan Best Eats, yaitu untuk mendorong kesempurnaan dan kreativitas kuliner dan membantu memastikan agar tempat makan seperti ini selalu penuh setiap malam,” kata Publisher FoodieS Magazine, Jed Doble di Hotel Kempinski Jakarta, Kamis. 7 Februari 2019. 

Jakarta’s Best Eats telah menetapkan sejumlah panel yang terdiri dari para ahli dengan keahlian khusus dan latar belakang yang berbeda-beda guna memastikan terjadinya proses penilaian yang terpercaya, murni, dan etis. 

“Yang membedakan dengan penghargaan food lainnya, best eats ini objektif. Enggak bikin partner kita backoff. Salah satu cara kita step up bareng-bareng,” kata Brand Manager Reflection, Flora Tobing. 

Nantinya penilaian tempat makan ini didasarkan pada 50 persen - makanan, berdasarkan rasa, kreativitas, dan eksekusi, 20 persen - Kualitas pelayanan, 20 persen - menu minuman atau daftar wine dan 10 pertimbangan - desain interior atau karakter. 

Dibagi Tiga Katagori

Di sisi lain, untuk kriteria tempat makan akan dibagi ke dalam tiga kategori. Pertama fine dining, tempat makan yang mengerahkan upaya luar biasa untuk mencapai kesempurnaan rasa, presentasi, kreativitas, pelayanan, dan penataan meja. 

Kedua upscale dining, tempat makan yang tanpa lelah berupaya menyediakan pengalaman makan dengan konsep yang unik dan cerdas di tengah suasana yang menyambut.  Ketiga casual dining, tempat makan yang melebihi lainnya dalam menawarkan makanan dan minuman yang bertema santai, hidup, dan sangat mudah diterima oleh semua.

Para juri yang terdiri dari 10 orang yakni (Odilia Wineke – Food Writer, Yuda Bustara – Celebrity Chef, Hans Danial – Food Blogger, Jed Doble – Publisher, FoodieS Magazine, Ade Putri Paramadita – Food Storyteller, Linda Tan – Gourmand, Rinrin Marinka - Celebrity Chef, Tantra Tobing – Gourmand & Lifestyle Blogger dan Ethan Lim – VP Marketing Danone AQUA)  akan mendasarkan keputusan mereka sesuai dengan kriteria di atas. 

Setiap juri hanya dapat memberikan suara untuk suatu tempat makan apabila mereka telah mengunjungi tempat makan yang bersangkutan dalam waktu 12 bulan terakhir. Setiap kunjungan dilakukan tanpa mengungkapkan identitas mereka sebagai dewan juri dan tanpa ada insentif atau bentuk apresiasi lainnya dari pihak tempat makan.

Tahun ini, selain penilaian dari dewan juri, Jakarta’s Best Eats akan membentuk tim Chefs
Academy yang akan menjadi panel voting.

Terdiri dari chef-chef terkemuka di Jakarta, dan suara mereka akan menentukan keputusan final dari penilaian yang akan membentuk hasil akhir dari daftar Best Eats. Chefs Academy akan memberikan sebuah pandangan baru dan sampel suara pakar yang lebih luas. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya