Kedai Kopi di Jakarta Ini Sajikan Menu Vegetarian dan Vegan

Nasi Bali Vegetarian, salah satu menu di RBOJ.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Jika berbicara soal makanan vegetarian dan vegan, mungkin yang langsung terbesit di pikiran Anda adalah salad dan rasa makanan yang hambar di lidah. Namun, tidak demikian adanya. Hidangan vegetarian dan vegan juga bisa terasa lezat tergantung bagaimana Anda memasaknya.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Seperti yang dilakukan salah satu coffee shop di kawasan Buncit, Jakarta Selatan, Ray's Bottle of Joe (RBOJ) Cafe. Kedai kopi yang mengusung desain interior industrial ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Hal ini lantaran menurut Direktur Operasional RBOJ, Sevtriyana, pihaknya ingin mengubah imej di masyarakat tentang makanan vegan dan vegetarian yang kurang enak.

"Kita mau ubah imej vegetarian dan vegan itu enggak semenakutkan itu. Karena orang pikir itu healthy food enggak enak dan salad aja," kata dia saat ditemui di RBOJ Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019.

Sehat Tanpa Rekayasa Genetik

Dia menjelaskan, pihaknya fokus untuk menawarkan berbagai jenis comfort food yang disajikan dalam bentuk vegan dan vegetarian.

"Kita bikin makanan yang comfort food, nasi, tumbuh-tumbuhan, tempe itu enak. Kita buat semua menjadi enak," ucapnya.

Kabar Gembira untuk Vegetarian, Kini Hadir Makanan dengan Rasa Daging di Tiap Gigitan

Nasi Bali Vegan, salah satu menu di RBOJ.

Beberapa sajian yang ditawarkan antara lain nasi Bali. Ada dua pilihan, yakni vegan dan vegetarian. Untuk menu nasi Bali vegan terdiri dari nasi, sate lilit, jamur krispi, urap, bakwan jagung, kering tempe dan sambal matah. Sedangkan untuk versi vegetariannya terdiri dari nasi, sate lilit, jamur krispi, telur balado, urap, kering tempe dan sambal matah.

"Yang uniknya sate lilitnya kita buat dari campuran tahu dan jamur, rasanya juga seperti sate lilit pada umumnya," kata dia.

Selain itu, yang juga menjadi andalan di sini adalah menu nasi bakar. Yang menarik adalah jika umumnya nasi bakar disuguhkan dengan ikan tuna atau daging ayam, nasi bakar di tempat ini disuguhkan menggunakan jantung pisang dan kecombrang.

"Metodenya simple, untuk jantung pisang hanya ditumis kemudian dikasih cabai dan ada kecombrang, makanya wangi. Di dalamnya serve nasi bakar, pinggirnya dikasih timun dan tempe goreng crispy," ujar dia.

Nasi Bakar Vegetarian, salah satu menu di RBOJ.

Selain makanan berat, pihaknya juga menyajikan berbagai jenis camilan seperti cheese bitter balen, spinach balls, truffle fries hingga hotdog.

"Spinach ini kita pakai tepung almond yang kita blender halus, kemudian dilumuri di bola bayam ini. Nah, kalau hotdog kita yang vegan itu rotinya kita pakai wheat glutten dan dagingnya kita ganti pakai jamur," kata dia.

Untuk harga, menu hidangan utama di sini dibanderol mulai dari Rp35 ribu hingga Rp55 ribu per porsi. Sedangkan untuk camilan spinach balls dan cheese bitter balen dihargai sebesar Rp35 ribu dengan isi 5 pieces.

Ray's Bottle of Joe (RBOJ) Cafe
Jalan Buncit Raya No.18E
Pancoran, Jakarta Selatan
Telp: 087878946858

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya