Terungkap, Rahasia Memasak Poach Egg yang Sempurna

Ilustrasi pouch egg.
Sumber :
  • Pexels/Daria Shevtsova

VIVA – Bicara soal memasak telur, mungkin yang paling sulit adalah memasak menu poach egg yang sempurna. Poach egg adalah telur yang dimasak di luar cangkang atau kulitnya, dengan metode poaching atau merebus dengan suhu sedang.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Poach egg yang sempurna adalah bagian kuningnya berada di bagian dalam dan tertutup sempurna oleh putih telur. Bagian putihnya juga harus bertekstur lembut, berbeda dengan ketika telur direbus di dalam cangkang. Kemudian bagian kuningnya harus masih dalam kondisi setengah matang, sehingga saat telur dibelah kuningnya lumer dan mengalir keluar.

Untuk membuat poach egg, biasanya air yang dipakai diberi sedikit cuka agar putih telur menyatu dan tidak hancur saat telur dimasukkan ke dalam air.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Sulit sekali untuk menguasai teknik poaching ini. Jika Anda bukan seorang profesional di dapur, kemungkinan untuk bisa membuat menu ini dalam sekali percobaan sangatlah kecil. Bahkan walaupun Anda jago atau hobi memasak pun belum tentu Anda langsung bisa membuat poach egg saat pertama kali mencoba.

Ilustrasi pouch egg.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Namun, jika Anda ingin belajar dan menguasai tekniknya, ada trik yang bakal membantu. Ini adalah trik dari seorang juru masak legendaris sepanjang masa, Julia Child, yang ia tulis di buku masaknya.

Triknya sangat sederhana. Yang pertama ia menyarankan untuk selalu menggunakan telur segar.

"Telur yang segar kuningnya berbentuk sempurna dan putihnya menempel ke bagian kuning dengan jumlah yang pas. Hanya ada sedikit cairan seperti air yang terpisah dari bagian putihnya," tulis Child dalam bukunya, dikutip dari Food Beast, Senin, 18 Februari 2019.

Ilustrasi telur.

Nah, trik rahasia Child membuat poach egg yang sempurna adalah dengan merebusnya terlebih dahulu di dalam cangkangnya. Ini bertujuan agar bagian putihnya sedikit lebih padat sehingga saat metode poaching bisa menyelimuti kuning telur dengan baik.

"Jika telur yang Anda gunakan tidak segar, rebus telur terlebih dahulu di dalam cangkangnya selama 8 sampai 10 detik sebelum di-poaching," jelasnya.

"Ini akan memadatkan putih telur sehingga bentuknya akan bertahan di sekitar bagian kuningnya ketika telur dimasukkan ke dalam air," tutupnya.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya