Lagi Hits di Medsos, Usaha Brownies Meleleh Cuma Rp5 Jutaan

Brownies Meleleh
Brownies Meleleh
Sumber :
  • Instagram/@Browniestians

VIVA – Siapa yang bisa menolak aroma manis cokelat yang meleleh dari potongan kue, apalagi bila kue tersebut disajikan hangat-hangat. Belakangan inovasi kue cokelat dengan bagian dalam yang masih belum matang sempurna (meleleh) menjadi favorit banyak orang. Di instagram mulai bertebaran video masak, atau foto-foto food porn kue cokelat meleleh yang bikin para warganet ngiler.

Kue cokelat meleleh yang telah banyak berkembang itu awalnya adalah Chocolate Lava yang populer sebagai salah satu hidangan penutup yang banyak disukai di Eropa dan Amerika.  Dari luar, chocolate lave cake memang terlihat seperti kue cokelat biasa. Tapi saat dipotong, cokelat hangat yang meleleh ke luar memberi sensasi rasa yang sangat berbeda dari kue cokelat kebanyakan.

Brownies Meleleh

Tapi tahukah Anda, awalnya makanan ini disajikan tanpa sengaja. Dilansir laman chocolatenoice, Chef Jean-Georges Vongerichten adalah yang pertama kali membuatnya pada 1987. Chef asal Prancis itu memasak untuk sebuah acara di New York, Amerika Serikat, untuk 300 orang.

Namun ketika itu, Chef Vongerichten tidak siap memasak kue cokelat untuk orang sebanyak itu. Di saat bersamaan mendadak temperatur oven juga menurun dan kurang perhitungan waktu masak. Pada akhirnya, kue cokelat tetap disajikan kepada para tamu.

Seketika para tamu panik karena mendapati bagian tengah kue masih mentah. Di lain sisi tanpa terduga para tamu justru sangat menyukai kue tersebut bahkan penasaran bagaimana cara membuat kue cokelat dengan cokelat yang meleleh hangat di bagian dalam. Kini sajian chocolate lave cake ini justru jadi hidangan di restoran-restoran kelas atas.

Di Indonesia sendiri, inovasi kue yang dimasak belum matang sempurna atau 'meleleh' juga cukup dikenal, salah satunya kue cubit yang belakangan hits dengan berbagai toppingnya, lalu kue balok khas Bandung yang tak kalah digemari juga menyajikan lelehan hangat adonan kue yang legit dan nikmat.

Halaman Selanjutnya
img_title