Cara Bikin Tempura Udang Selezat Buatan Restoran

Tempura udang.
Sumber :
  • Pixabay/takedahrs

VIVA – Mengunjungi restoran Jepang di Indonesia, Anda pasti akan menemukan hidangan udang tempura tertera dalam menu. Ya, hidangan asal Negeri Sakura ini memang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia. Teksturnya yang renyah dan rasa gurihnya membuat kuliner tersebut digemari anak-anak hingga dewasa.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Untuk membuat tempura udang sebetulnya tidak terlalu sulit. Hal ini diungkapkan oleh Triyanto, chef di restoran Yoshi Izakaya di Gran Melia, Jakarta Selatan.

Menurutnya, hal utama perlu diperhatikan adalah memastikan udang tidak melengkung ketika akan dimasak. Pertama yang harus dilakukan adalah kupas kulit udang dan potong bagian punggungnya untuk mengeluarkan kotoran.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Kemudian tekan udang dengan menggunakan tangan agar tetap lurus pada saat digoreng. Sedangkan untuk adonan tepungnya, kata dia, hanya menggunakan tepung dan kuning telur.

"Jadi siapkan tepung kering, kemudian siapkan juga adonan tepung yang terdiri dari tepung dan kuning telur, aduk menggunakan air es agar tidak menggumpal," kata dia di Gran Melia, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Maret 2019.

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Sebelum digoreng, ambil udang lalu baluri dengan tepung kering kemudian masukkan ke dalam adonan tepung basah. Lalu goreng di dalam minyak panas. Ambil tepung basah, kemudian dengan menggunakan tangan arahkan tepung ke dalam penggorengan untuk kremesan tempura yang crispy.

Untuk sausnya, Triyanto mengatakan, Anda bisa menggunakan kecap asin, penyedap rasa, gula dan garam secukupnya. Aduk rata dan setelah jadi, tambahkan parutan lobak dan jahe kemudian aduk lagi.

Selamat mencoba! (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya