Melihat Kopi Saja Bisa Bikin Orang Bersemangat, Benarkah?

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pexels/The Lazy Artist Gallery

VIVA – Mungkin sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kopi mampu mengatasi rasa kantuk. Dengan meminumnya, seseorang akan sedikit lebih segar dan bersemangat.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Tapi tahukah Anda bahwa melihat secangkir kopi sudah cukup untuk membuat seseorang bersemangat? Itu terungkap dalam sebuah studi yang belum lama ini dilakukan. Kopi mampu memicu otak. Bahkan meski kita tidak meminumnya.

Efek ini lebih terasa jika seseorang melihat kopi hitam dibandingkan dengan latte atau teh. Hal tersebut diperkirakan muncul dari kepercayaan yang mendarah daging bahwa kopi mampu membuat seorang bersemangat dan berenergi. Demikian dilansir dari New York Post, Selasa, 2 April 2019.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Peneliti Sam Maglio menjelaskan, ada hubungan antara kafein dan gairah. Hal ini tidak ditemukan di budaya lain. Temuan ini berasal dari empat studi yang melibatkan ratusan orang di seluruh budaya Barat dan Timur.

Dalam studi itu, peserta diberikan tugas setelah ditunjukkan kopi atau isyarat terkait teh. Mereka yang terpapar kopi dianggap berpikiran lebih konkret. Ini menurut peneliti di University of Toronto.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Tetapi bagi mereka yang tumbuh dalam budaya Timur, kopi kurang penting dibanding teh. Maglio percaya penelitian ini mengungkapkan bagaimana isyarat halus memengaruhi pengambilan keputusan orang. Isyarat juga membantu bagaimana kopi dan teh dapat digunakan dalam pemasaran makanan dan minuman. (rna)

Coffee Shop sebagai tempat kerja

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Berikut rekomendasi coffee shop di Jakarta Selatan yang cocok untuk kerja. Siapkan aplikasi QRIS agar lebih mudah saat bertransaksi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024