Begini Cara Makan Ramen yang Benar Seperti Orang Jepang

Ramen, mie rebus khas Jepang dengan kuah kaldu yang gurih.
Sumber :
  • Pixabay/P750010

VIVA – Menghabiskan akhir pekan dengan bermalas-malasan rasanya sangat menyenangkan. Dan biasanya saat sedang santai seperti ini, memasak dan makan mie, seperti ramen menjadi salah satu solusi pengganjal perut sementara.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Tapi banyak orang tidak tahu bagaimana cara makan mie yang enak. Itu karena selama ini kebanyakan makan mie dengan cara yang salah. Pakar kuliner Jepang, Bonnie Chung, menjelaskan cara makan mie yang benar serta menggarisbawahi kesalahan yang kerap dibuat.

Hanya tujuh persen dari orang Inggris yang akan menyeruput mie mereka dan banyak yang percaya hal itu tidak sopan, padahal sebenarnya hal tersebut adalah metode tradisional di Jepang. Justru menyeruput mie dengan bersuara merupakan hal yang sopan karena menandakan Anda makan mie tersebut dengan nikmat.

Jadi Makanan Favorit Anak Muda, Apakah Ramen Baik untuk Kesehatan?

Cara menyeruput mie yang benar adalah mengangkat mangkuk dengan tangan kemudian menghirup aroma kuahnya. Kemudian gunakan sumpit, ambil mie dalam jumlah banyak dan angkat dari kuah.

Saat diangkat, dekatkan mie dengan mulut dan mulai seruput. Semakin berisik semakin baik.

Cara Unik Menikmati Ramen dengan 3 Langkah, Udah Pernah Coba?

Kesalahan lain yang ditemukan saat mengonsumsi mie adalah tidak menggunakan sumpit. Hanya 13 persen orang menggunakannya dengan benar, sementara 59 persen lainnya mencoba dan menggunakan peralatan makan seperti sendok dan garpu.

Menurut Bonnie, pendiri Japanese home cooking, Miso Tasty, ada beberapa kesalahan kecil lain yang banyak dilakukan orang saat memasak mie di rumah.

"Lengket, lembek, mie yang tipis adalah yang ingin dihindari saat memasak mie seperti ramen. Sama seperti pasta, mie juga harus selalu al dente atau kalau di Jepang disebut shikoshiko,” ucapnya dikutip dari Mirror, Minggu, 7 April 2019.

Tapi tidak seperti pasta, dalam penyajian, mie harus segera dibilas dalam air untuk menghilangkan pati, yang menimbulkan tekstur lengket.

"Setelah itu, istirahatkan mie dalam air es sementara menyiapkan bahan-bahan lainnya. Meski terdengar gila untuk meletakkan mie di dalam es. Itu akan cepat menghentikan proses memasak dan mengubah mereka menjadi lembek. Kemudian sebelum disajikan, panaskan selama 10 detik dalam air panas,” ujarnya.

Mie merupakan simbol kehidupan di budaya Jepang dan memakannya dianggap sebagai pengalaman spesial yang harus dinikmati.

"Tapi banyak orang Inggris yang mengartikannya dengan makan cepat, di toko serba ada, ditambah semakin banyaknya mie instan yang artinya orang tidak pernah belajar bagaimana memasak dengan baik,” kata dia.

"Itu bukan hal menakutkan atau proses yang rumit. Sepanjang itu menjadi rutinitas, makanan Jepang yang menakjubkan bisa diciptakan di dapur sendiri,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya