Rahasia Masak Nasi Pulen Menurut Chef Internasional

Ilustrasi nasi putih.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Kita pun merasa belum makan jika tidak ada nasi. Tidak heran jika pengeluaran terbesar rumah tangga adalah untuk membeli beras.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Tapi meski dimasak dari beras mahal sekali pun, rasanya belum tentu enak, jika cara memasaknya kurang tepat. Nasi memang relatif mudah dimasak dengan rice cooker atau dikukus menggunakan dandang dan kompor. Tetapi memasak nasi seperti ini juga terbilang sering mengalami beberapa masalah.

Entah nasi yang terlalu lembek, keras atau bahkan pera. Namun belum lama ini salah satu chef kenamaan, Monty Koludrovic dari Australia berbagi keahliannya di podcast 9Honey, What the F For For Dinner mengenai cara memasak nasi menjadi enak.

Korupsi Beras Bansos di Lombok, Uangnya Diduga untuk ‘THR’

Dia mengatakan kunci dari nasi yang sempurna adalah dengan mencuci beras sebelum Anda memasaknya. Jika umumnya masyarakat kita mencuci beras sebanyak tiga kali, tetapi menurut dia mencuci beras yang benar untuk menghasilkan nasi enak adalah sebanyak 30 kali.

Ya, tiga puluh kali. Monty mengatakan jika Anda mencuci beras sebanyak 30 kali dengan baik, maka Anda akan mendapatkan nasi yang luar biasa. Jika Anda membayangkan pati sebagai butiran lengket mikroskopis, karena beras menyerap air, tetapi kenyataannya beras tidak memiliki kemampuan untuk tahan terhadap tekanan sehingga strukturnya pucat.

Beras untuk Warga Miskin di Lombok Dikorupsi

"Padahal pati dalam beras membantunya berdiri dan mengembang," kata dia.

Aktivitas bongkar muat beras impor di atas kapal

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Badan Pusat Statistik mencatat, RI pada Maret 2024 sudah melakukan impor beras sebanyak 567,22 ribu ton, atau saat momen Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024