Rahasia Masak Nasi Pulen Menurut Chef Internasional

Ilustrasi nasi putih.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Kita pun merasa belum makan jika tidak ada nasi. Tidak heran jika pengeluaran terbesar rumah tangga adalah untuk membeli beras.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Tapi meski dimasak dari beras mahal sekali pun, rasanya belum tentu enak, jika cara memasaknya kurang tepat. Nasi memang relatif mudah dimasak dengan rice cooker atau dikukus menggunakan dandang dan kompor. Tetapi memasak nasi seperti ini juga terbilang sering mengalami beberapa masalah.

Entah nasi yang terlalu lembek, keras atau bahkan pera. Namun belum lama ini salah satu chef kenamaan, Monty Koludrovic dari Australia berbagi keahliannya di podcast 9Honey, What the F For For Dinner mengenai cara memasak nasi menjadi enak.

6 Hikmah Dalam Menunaikan Zakat Fitrah Bagi Umat Islam

Dia mengatakan kunci dari nasi yang sempurna adalah dengan mencuci beras sebelum Anda memasaknya. Jika umumnya masyarakat kita mencuci beras sebanyak tiga kali, tetapi menurut dia mencuci beras yang benar untuk menghasilkan nasi enak adalah sebanyak 30 kali.

Ya, tiga puluh kali. Monty mengatakan jika Anda mencuci beras sebanyak 30 kali dengan baik, maka Anda akan mendapatkan nasi yang luar biasa. Jika Anda membayangkan pati sebagai butiran lengket mikroskopis, karena beras menyerap air, tetapi kenyataannya beras tidak memiliki kemampuan untuk tahan terhadap tekanan sehingga strukturnya pucat.

Daftar Harga Pangan 27 Maret 2024: Beras Premium hingga Cabai Naik

"Padahal pati dalam beras membantunya berdiri dan mengembang," kata dia.

Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024